Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pandemi, Penurunan Angka Stunting di Pati Tetap Jadi Prioritas

MURIANEWS, Pati – Di tengah situasi pandemi Covid-19, penurunan angka stunting (keterlambatan tumbuh kembang anak) juga patut menjadi prioritas. Apalagi, tidak ada refocusing anggaran untuk penendalian kekurangan gizi tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Pati Edi Siswanto mengatakan, penambahan gizi bagi balita maupun ibu hamil masih tetap jalan. Terlebih, progam ini merupakan program pemerintah pusat.

“Meskipun pandemi, tetapi kami tetap berusaha keras untuk menekan stunting ini,” katanya, Senin (22/9/2020).

Menurutnya, hal itu sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 29 Tahun 2019 tentang Penanggulangan Masalah Gizi Bagi Anak Akibat Penyakit. Permen itu di dalamnya juga mengatur tentang Pangan Olahan Keperluan Medis Khusus (PKMK) terhadap anak beresiko gagal tumbuh, gizi kurang dan gizi buruk.

Dia menambahkan, untuk penanganan stunting ini sejak awal memang sudah ada intervensi. Dirinya juga sempat khawatir apabila kasus stunting meningkat di masa pandemi.

“Alhamdulillah sudah ada penurunan 4,8 persen. Tetapi kita tidak boleh lengah dengan kondisi ini, stunting harus ditekan semaksimal mungkin,” imbuhnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...