Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Ratusan Orang Susuri Sungai, WCD Dijadikan Awal Gerakan Temanggung Bebas Sampah

MURIANEWS, Temanggung – Puncak peringatan World Cleanup Day (WCD) di Kabupaten Temanggung dilakukan secara serempak di 20 kecamatan di kabupaten ini, Minggu (20/9/2020). Ada ratusan personel yang terlibat dalam kegiatan ini.

Dalam siaran pers yang diterima MURIANEWS disebutkan jika aksi ini dimulai dengan susur sungai di 20 kecamatan secara bersamaan mulai pukul 07.30 WIB. Sekitar 600 personel terlibat dalam kegiatan ini.

Berbagai lembaga dan komunitas yang ikut dalam gerakan ini. Di antaranya, seperti Banser, Fatayat, IPNU, LPNHNU, Muslimat NU, MDMC, KOKAM, Mancing Mania Temanggung, Saka Bayangkara, Saka Kalpataru, ALIR, PERMATA, KAMADITA, RBP, Saka Wanabakti, Grasindo, SAR Macan Prau, Kompas, Rasi Pala, BC Banaran, serta Paguyuban Bank sampah Se-Kabupaten Temanggung.

Dalam aksi susur sungai itu, para relawan melakukan aksi bersih-bersih sungai dari sampah. Gerakan ini juga melibatkan warga lain dengan melakukan aksi pungut dan pilah sampah di permukiman masing-masing.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Temanggung Entargo Yutri Wardono mengatakan, gerakan WCD ini telah dimulai Sabtu (19/9/2020) kemarin dengan pungut dan pilah sampah di sekolah dan pondok pesantren.

“Aksi itu diharapkan menjadi dorongan untuk awal mewujudkan Kabupaten Temanggung bebas sampah,” ujarnya.

Ia menyebut, nantinya gerakan ini tak hanya dilakukan saat WCD saja, namun akan digelar rutin oleh masyarakat di setiap lingkungan mulai kecamatan, desa/kelurahan dan RT/RW.

“Setelah sungai-sungai bersih juga akan dilakukan penebaran benih ikan sebanyak 4.000 di sungai-sungai wilayah Temanggung oleh Dinas Peternakan Perikanan dan Komunitas Mancing Mania Temanggung,” pungkasnya.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...