Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Cengkir Manis Wisata Baru di Kudus, Bisa Main Kano Hingga Bakal Ada River Tubing

MURIANEWS, Kudus – Di Dukuh Kedungmojo, Desa Tanjungrejo, Kecamatan Jekulo, Kudus terdapat tempat wisata baru yang sangat cocok dikunjungi bersama keluarga. Wisata tersebut bernama Wisata Cengkir Manis.

Untuk menuju ke tempat tersebut, tak memerlukan waktu yang cukup lama. Hanya sekitar 19 menit jika ditempuh dari pusat Kota Kretek. Atau berjarak sekitar 12 kilometer.

Di Cengkir Manis, Anda akan disuguhi dengan pemandangan alam pedesaan. Dari mulai jembatan pelangi,  permainan air, wahana anak-anak, hingga tempat untuk bersantai dan spot foto yang ciamik.

Kepala Desa Tanjung Rejo Cristian Rahardiyanto mengatakan, lahan yang digunakan sebagai tempat wisata Cengkir Manis, dulunya adalah lahan yang tidak terpakai dan tidak memiliki akses jalan.

“Dengan kerja sama masyarakat yang mau menghibahkan tanahnya untuk akses jalan. Sehingga lokasi ini bisa dikembangkan untuk wisata,” katanya.

Salah satu wisatawan melintasi jembatan pelangi di Cengkir Manis. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

Ia mengatakan, saat  ini tempat wisata itu belum resmi di-lauching. Tapi masyarakat sudah bisa berkunjung ke Cengkir Manis, tiket masuk juga masih seikhlasnya.

Di tempat wisata ini, ada sejumlah wahana yang bisa dinikmati pengunjung. Antara lain perahu kano, river tubing, flying fox, permainan egrang, hingga ayunan.

“Wahana-wahana tersebut, memang belum semuanya jadi, ada yang masih proses pengerjaan. Penentuan harga tiket nantinya akan kami patok setelah launching sekitar satu bulanan lagi,” ucapnya.

Sementara untuk wahana river tubing sendiri, persiapannya sudah hampir selesai. Saat ini tinggal menunggu perizinan.

“Kami sudah uji coba terus menerus untuk memastikan keamanan. Saat ini baru proses perizinan melalui Disbudpar yang akan diajukan ke BBWS (Balai Besar Wilayah Sungai),” terangnya.

Selain wisata Cengkir Manis, rencananya di Desa Tanjungrejo juga akan ada wisata lain. Seperti wisata sawah,  hingga wisata jalan tebing seperti di luar negeri.

“Dengan adanya lokasi-lokasi wisata tersebut, diharapkan bisa memberikan kesejahteraan dan meningkatkan perekonomian warga Desa Tanjungrejo,” harapnya.

Sementara salah seorang wisatawan Reni Pratiwi mengaku berkunjung kesana penasaran dan ingin mencoba wahana river tubing. Namun wahana tersebut ternyata belum siap dibuka.

“Tadi katanya nunggu launching baru ada wahana river tubing. Meski belum ada river tubingnya tidak kecewa sih ke sini, karena ada wahana lain yang bisa dinikmati,” ujar warga Desa Klaling tersebut.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...