Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Materi Pendukung Usulan Gelar Pahlawan Ratu Kalinyamat Capai 90 Persen

MURIANEWS, Jepara – Usulan gelar pahlawan nasional untuk Ratu Kalinyamat masih terus dilanjutkan. Upaya ini masih dilakukan dengan melengkapi sejumlah syarat terkait dengan keberadaan dan eksistensi Ratu Kalinyamat.

Dukungan dari semua pihak, terutama dari Pemkab Jepara, diperlukan untuk bisa memenuhi harapan ini.

Staf Khusus Wakil Ketua MPR RI Bidang Aspirasi Masyarakat Atang Irawan menyatakan, materi pengusulan gelar pahlawan nasional untuk Ratu Kalinyamat saat ini sudah 90 persen siap.

Sedangkan sisanya yang 10 persen, menurutnya membutuhkan dukungan dari pemerintah daerah. Materi yang sudah disiapkan tinggal menyempurnakan sebelum disampaikan dan dikaji oleh pemerintah.

“Kami semua berharap Pemkab Jepara bisa mendukung hal ini. Kegiatan-kegiatan yang mendukung proses ini harus mendapatkan dukungan. Tinggal 10 persen materi pengusulan ini sempurna. Kami berharap pengusulan ini bisa dikabulkan oleh Pemerintah Indonesia,” ujar Atang Irawan.

Hal ini disampaikan Atang Irawan saat hadir dalam Forum Diskusi yang digelar oleh Pusat Kajian Ratu Kalinyamat Universitas Nahdlatul Ulaman (Unisnu) Jepara, Sabtu (19/9/2020).

Sementara itu, Ketua Dewan Pembina Nasional Yayasan Darma Bhakti Lestari (YDBL) Lestari Moerdijat menyatakan, pengusulan gelar pahlawan nasional yang dilakukan YDBL bukanlah proses yang tiba-tiba.

YDBL sebagai lembaga yang konsen terhadap nilai kebangsaan, sudah merintis hal ini sejak tahun 2011. Dimulai dengan melakukan kajian-kajian terhadap sosok pemimpin wanita di Jepara ini.

Baca: Ratu Kalinyamat Disebut Sudah Mampu Bangun Armada Sekelas Kapal Induk

Kajian mengenai Ratu Kalinyamat ini dibutuhkan sebagai bagian dari materi pengusulan gelar pahlawan yang disampaikan ke pemerintah. Meski sudah dilakukan sejak  tahun 2011, kajian mengenai Ratu Kalinyamant ini masih memerlukan penyempurnaan.

Proses ini merupakan bagian dari proses pengusulan yang harus didukung semua pihak, salah satunya Pemkab Jepara.

“Saya sudah berkomunikasi dengan Pak Gubernur GanjarPranowo. Kemudian, juga dengan pemerintah daerah (Jepara). Semua juga bagian tak terpisahkan dari proses pengajuan ini,” ujar Lestari Moedijat, yang juga Wakil Ketua MPR RI ini.

Baca: Di Masa Ratu Kalinyamat, Jepara Pernah jadi Poros Maritim Nusantara

Lestari Moerdijat juga meminta agar Pemkab Jepara ikut memberi perhatian terhadap usaha pengusulan ini.

Diskusi yang digelar di Unisnu Jepara ini, diikuti oleh beberapa tokoh dan pihak-pihak yang berkompeten. Usaha mengusulkan Gelar Pahlawan untuk Ratu Kalinyamat memang masih menghapi tantangan.

Pemkab Jepara sendiri sudah dua kali mengusulkan ke pemerintah. Namun dua kali pula upaya ini tidak dikabulkan lantaran masih lemahnya materi pengusulan yang disampaikan.

Kini sejak 2011, YDBM mencoba kembali mengusulkan hal yang sama ke Pemerintah Indonesia. Prosesnya masih terus berlangsung hingga saat ini.

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...