Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Simulasi Pembukaan Objek Wisata Digelar di Pantai Bandengan Jepara

MURIANES, Jepara – Pemkab Jepara mulai mengambil langkah-langkah persiapan untuk kemungkinan membuka kembali (reaktivasi) sejumlah objek wisata. Persiapan yang dilakukan salah satunya menggelar Simulasi Reaktivasi Objek Wisata Pantai Bandengan, Jepara.

Simulasi ini dilaksanakan pada Minggu (20/9/2020) pagi. Simulasi  ini melibatkan pihak-pihak antara lain, Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud), Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Satpol PP Jepara dan Pengelola Pantai Bandengan Jepara.

Selain itu juga dilibatkan dari pihak TNI dan Polri masing-masing dari Kodim 0719/Jepara dan Polres Jepara.

Kepala Satpol PP Jepara, Abdul Syukur menyatakan, ada beberapa hal yang dilakukan dalam simulasi ini. Di antaranya keharusan semua pihak untuk mengikuti protokol kesehatan saat berada di kawasan wisata Pantai Bandengan ini.

Semua pengunjung yang datang diwajibkan untuk menggunakan masker. Mereka yang tidak menggunakan masker tidak diperkenankan masuk.

Pengunjung diperiksa sebelum masuk Pantai Bandengan dalam simulasi pembukaan, Minggu (20/9/2020). (MURIANEWS/Budi Erje)

Selain itu, semua pengunjung juga wajib mengikuti pemeriksaan suhu tubuh yang dilaksanakan oleh petugas. Mereka yang suhunya melebihi batasan,  tidak diperkenannkan masuk ke dalam lokasi wisata.

Dalam simulasi ini juga mencakup penyediaan sarana cuci tangan, yang ditempatkan di sejumlah titik lokasi di dalam Pantai Bandengan.

“Simulasi ini kami kira memang harus dilaksanakan sebagai persiapan untuk membuka kembali akses wisata ke sejumlah objek wisata, salah satunya di Pantai Bandnegan ini. Semua yang berada di kawasan ramai pengunjung harus dipastikan memang benar-benar menerapkan protokol kesehatan,” ujar Abdul Syukur.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jepara Zamroni Liztiaza menyatakan, dari simulasi ini, edukasi mengenai penerapan kesehatan juga dilakukan.

Melalui pengeras suara yang ada di Pantai Bandengan, para petugas akan secara terus menerus mengimbau dan mengingatkan kepada pengunjung agar tetap mematuhi protokol kesehatan yang diterapkan. Kemudian juga ada pembatasan penumpang di dalam mobil para pengunjung.

“Simulasi dimulai pukul 09.00 WIB hingga 10.00 WIB. Selesai simulasi Pantai Bandengan kembali ditutup untuk umum. Selanjutnya akan dilakukan evaluasi. Mungkin ada yang kurang atau tidak pas dalam rencana yang akan diterapkan,” terangnya.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...