Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Razia Digencarkan, Masih Banyak Warga di Jepara Abaikan Protokol Kesehatan

MURIANEWS, Jepara – Satgas Covid-19 Jepara semakin mengintensifkan penegakan protokol kesehatan. Langkah ini merupakan salah satu upaya yang diharapkan bisa menahan laju penularan virus yang sudah menciptakan pandemi ini.

Terutama di tempat-tempat umum, Tim Penegakan Hukum Satgas Covid-19 Jepara, gencar melakukan razia penertiban terhadap masyarakat.

Tim Patroli gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, Satpol PP dan Damkar, Dinas Perhubungan, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), dan Badan Penanggungan Bencana Daerah (BPBD) Jepara, melakukan razia ini sejak beberapa pekan lalu. Hasilnya masih saja ada warga masyarakat yang mengabaikan penerapan protokol kesehatan.

Koordinator Tim Patroli Gabungan,  Abdul Haris mengatakan, razia protokol kesehatan tidak hanya berlangsung saat pagi dan siang.

Namun juga saat malam hari, terutama menyasar ke tempat yang aktivitas kegiatanya  dominan pada malam hari. Patroli  diarahkan ke lokasi wisata dan pusat keramaian.

“Kemarin kami melakukan patrol di Pasar Jepara 2, kemudian dilanjutkan di Pantai Teluk Awur, Tahunan, Pantai Semat, Kedung dan melakukan penertiban masker bagi pengendara motor di Perempatan Desa Tegal Sambi, Kecamatan Tahunan,” ujar Abdul Haris, Minggu (20/9/2020).

Di Pantai Teluk Awur dan Pantai Semat, petugas gabungan masih menemukan orang-orang yang lalai dan tidak menerapkan protokol kesehatan.

Mereka kemudian didata identitasnya dan diberi sanksi disiplin. Hukuman diberikan seperti push up, hingga menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Selain itu, mereka diminta berjanji untuk tidak melakukan kesalahan lagi.

Di Perempatan Desa Tegal Sambi, petugas menemukan banyak pelanggar protokol kesehatan saat berkendara. Banyak dari mereka yang tidak membawa masker.

Oleh petugas mereka disetop, kemudian diberikan edukasi setelah diberikan masker gratis. Upaya ini diharapkan bisa terus menumbuhkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya penerapan protokol kesehatan dalam keseharian.

“Harapan kita dengan adanya patroli gabungan ini bisa menumbuhkan kesadaran masyarakat, terkait penerapan protokol kesehatan,” tambahnya.

Terpisah, Kepala Satpol PP Jepara Abdul Syukur menyatakan penerapan protokol kesehatan akan terus dilaksanakan. Sejauh ini pihaknya masih menunggu Perbup PKM yang baru direvisi. Rencananya dalam Perbub PKM yang baru sudah akan ada sanksi-sanksi disiplin bagi para pelanggar protokol kesehatan.

“Nanti akan ada sanksi yang lebih memberi efek jera terkait pelanggaran protokol kesehatan. Saat ini Perbup PKM yang baru masih dalam proses. Jadi mari kita sama-sama dengan kesadaran sendiri menerapkan protokol kesehatan ini,” tegasnya.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...