Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Puluhan Ribu Siswa dan Guru di Kudus Diajukan Program Bantuan Kuota Internet

MURIANEWS, Kudus – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga  (Disdikpora) Kabupaten Kudus, mencatat sudah ada puluhan ribu siswa dan guru di Kudus yang diajukan untuk mendapat bantuan kuota internet dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Mereka terdiri dari 58.867 siswa dan 5.210 guru. Kabid Dikdas Disdikpora Kudus Dian Vitayani Winahyu merincikan dari jumlah tersebut, siswa SD sebanyak 40.425,  SMP 18.542, guru SD sebanyak 3.983 dan gurru SMP sebanyak 1.167 orang.

“Pengajuan dan pendataannya sendiri telah selesai pada 11 September 2020 lalu,” katanya, Jumat (18/9/2020).

Ia menyatakan, meskipun pendataan telah usai, saat ini baru masuk tahap verifikasi dan validasi (verval) nomor ponsel yang sudah terdata baik milik siswa ataupun guru.

“Tahap verval untuk memastikan bahwa nomor yang sudah terdata dalam Data Pokok Pendidikan (Dapodik) tersebut yang digunakan untuk proses pembelajaran,” ujarnya.

Menurutnya, kemungkinan kebijakan ini tidak berlaku bagi siswa yang sudah mendapatan Program Indonesia Pintar (PIP) tidak akan mendapatkan kuota. “Kami masih menunggu intruksi mekanisme dari pusat,” pungkasnya.

Terpisah, Operator SD 2 Ngemplak Diah Raudlotul Barid mengatakan, saat ini pihaknya tengah melakukan proses verval  nomor ponsel siswa maupun guru yang sudah terdata di Dapodik.

“Proses verval sampai 25 September 2020. Saat ini tercatat sudah ada 74 siswa dan delapan guru yang masuk tahap verval,” tandasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...