Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Duh, Tanaman dan Lampu Hias di Taman Kota Jepara Dicuri Orang

MURIANEWS, Jepara – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jepara dibuat berang dengan ulah tangan jahil orang tak bertanggung jawab. Pasalnya, dalam beberapa pekan terakhir, tanaman dan lampu hias di sejumlah taman kota di Jepara hilang dicuri orang.

Kejadian ini bahkan berulang-ulang terjadi, hingga menimbulkan kejengkelan pihak pengelola taman kota. Padahal, tanaman-tanaman tersebut ditanam sebagai bagian untuk memperindah wajah kota.

Kepala DLH Jepara Elida Farikha mengaku sudah kehabisan akal bagaimana caranya agar perbuatan tidak baik ini tidak kembali terjadi. Tak hanya tanaman dan lampu hias, sejumlah fasilitas lainnya juga dirusak.

“Kami sendiri juga sedih mengalami kejadian seperti ini. Kami sebagai pengelola sudah berusaha untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Namun kalau kemudian kejadiannya seperti ini, kami terus harus bagaimana lagi,” keluh Elida Farikha, Kamis  (17/9/2020).

Hal yang sama juga disampaikn oleh Totok Setyanto, Pembina Pramuka Peduli Lingkungan Hidup Jepara. Pihaknya dalam beberapa bulan terakhir banyak menemui adanya tanaman yang hilang di sejumlah taman.

Selain itu, pihaknya juga memastikan ada orang-orang yang sengaja melakukan pencangkokan batang tanaman di sejumlah taman.

Awalnya cangkokan tersebut dianggap sebagai bagian dari pengembangan taman kota. Namun pihaknya curiga, ternyata jika sudah siap, cangkokan dipotong dan tidak jelas siapa yang melakukannya.

Beberapa tanaman juga dipastikan hilang dari tempatnya, diambil oleh orang-orang yang tidak diketahui.

“Akhir-akhir ini banyak pengambilan tanaman dan pencangkokan liar tanaman di  taman-taman kota Jepara. Misalnya di Taman RBRA, Taman Dekat Masjid Agung Jepara dan di Alun-Alun 2 Jepara, terdapatkan pencakongkan liar,” katanya.

“Kemudian kalau pencurian tanaman kami pastikan terjadi di Boulevard Diponegoro, Taman Simpang Ruwet, Taman Kanan, Taman Ngabul dan beberapa titik lainnya,” tambah Setyanto, dengan nada kesal.

Pihaknya mengimbau kepada warga masyarakat untuk berperan sera menjaga dan memelihara taman kota. Apabila ada yang mengetahuinya, diminta untuk bisa segera melaporkannya ke pihak terkaiot.

Pihaknya juga akan melakukan pengawasan sebisanya, dan apabila ada yang melakukan tindakan itu, maka pihaknya tidak akan segan melaporkan ke pihak berwajib.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...