Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Desa-Desa di Grobogan Dilanda Krisis Air Diminta Segera Lapor BPBD

MURIANEWS, Grobogan – Pihak desa di Kabupaten Grobogan yang wilayahnya sudah mulai dilanda krisis air untuk melapor ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Ini dilakukan agar, BPBD bisa segera mendistribusikan bantuan air bersih ke desa-desa itu.

Hal ini dikatakan Bupati Grobogan Sri Sumarni saat menyalurkan bantuan air bersih sebanyak 13 tangki di Desa/Kecamatan Geyer, Kamis (16/9/2020).

Sri menegaskan, pihaknya sudah memerintahkan BPBD untuk menyalurkan bantuan air bersih ke desa-desa yang warganya sudah kesulitan air bersih.

Pihaknya juga menjamin akan memenuhi kebutuhan air bersih di desa kekeringan hingga kemarau berakhir,

“Masyarakat saya minta jangan khawatir. Kalau masih butuh bantuan air langsung hubungi BPBD. Saya sudah perintahkan pada BPBD agar memenuhi semua permintaan bantuan air bersih sampai kemarau berakhir. Saat musim kemarau seperti sekarang ini, adanya bantuan air bersih memang sangat dinantikan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala BPBD Grobogan Endang Sulistyoningsih mengungkapkan, data hingga saat ini, ada 97 desa di 14 kecamatan yang mengalami bencana kekeringan.

Yakni, Kecamatan Brati (3 desa), Wirosari (3 desa), Tawangharjo (8 desa), Kedungjati (6 desa), Tanggungharjo (4 desa), Kradenan (14 desa), Toroh (10 desa), Karangrayung (9 desa), Pulokulon (13 desa), Penawangan (1 desa), Geyer (2 desa), Grobogan (9 desa), Gabus (12 desa) dan Purwodadi (2 desa dan 1 kelurahan).

“Untuk mengurangi dampak kekeringan itu, kami sudah mulai menyalurkan bantuan air bersih sejak Senin (24/8/2020) lalu. Hingga saat ini, sudah sekitar 410 tangki air bersih yang disalurkan ke desa kekeringan tersebut,” katanya.

Untuk kegiatan droping air bersih tahun ini, pihaknya memiliki anggaran sekitar Rp 233 juta. Dalam penyaluran bantuan air bersih itu pihaknya bekerja sama dengan PDAM Grobogan. Kemudian, ada juga sejumlah pihak lainnya yang sudah mulai ikut mendistribusikan bantuan air bersih.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...