Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Serahkan Nota Keuangan, Pemkab Jepara Tunggu Hasil Pembahasan di Banggar

MURIANEWS, Jepara – Nota Keuangan Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Jepara 2020, secara resmi sudah diterima DPRD Kabupaten Jepara dalam Rapat Paripurna DPRD Jepara. Rencananya nota keuangan ini akan segera dibahas di Badan Anggaran (Banggar) sebelum di sahkan sebagai APBD Perubahan 2020.

Bupati Jepara Dian Kristiandi menyatakan, dalam Nota Keuangan yang disampaikan, pihaknya mengusulkan adanya perubahan APBD Jepara Tahun Anggaran 2020 kepada DPRD Kabupaten Jepara.

Usulan tersebut sudah diterima dalam Rapat Paripurna DPRD Jepara. Sedangkan Nota Keuangan yang dimaksud diterima langsung oleh Wakil Ketua DPRD Jepara, Pratikno dan Wakil Ketua DPRD Jepara Nurudin Amin.

Dalam rancangan perubahan yang disampaikan kepada DPRD Jepara, terdapat beberapa perubahan  dalam struktur APBD Jepara 2020. Untuk pos Pendapatan Daerah yang semula direncanakan Rp 2,418 triliun, berubah menjadi Rp 2,294 triliun.

Dalam hal ini mengalami penurunan sekitar Rp 123 miliar. Jika diprosesntase, penuruanan angka untuk Pendapatan Daerah mencapai 5,12 persen.

Sementara untuk Pos Belanja Daerah yang semula direncanakan Rp 2,149 triliun, dalam rancangan itu dikoreksi menjadi Rp 2,098 triliun atau turun sebesar Rp 51 miliar yang setara 2,38 persen.

Selanjutnya defisit yang semula direncanakan Rp 123 miliar, menjadi Rp 169 miliar atau mengalami kenaikan sebesar Rp 46 miliar yang setara 37,26 persen. Defisit anggaran ini direncanakan bisa ditutup dengan pembiayaan netto.

“Kami menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh anggota dewan terhadap intensitas komunikasi dan jalinan kemitraan yang semakin baik selama ini. Kami berharap pembangunan Kabupaten Jepara secara menyeluruh dapat terwujud,” kata Dian Kristiandi, Kamis (17/9/2020).

Terpisah, Wakil Ketua DPRD Jepara, Pratikno menyatakan, Nota Keuangan Perubahan APBD Jepara 2020 dari Bupati Jepara memang sudah diterima pihaknya. Selanjutnya anggota DPRD Jepara akan segera melakukan pembahasan. Pembahasan akan dilakukan di Badan Anggaran DPRD Jepara dan masing-masing komisi yang ada.

“Apakah disetujui atau tidak, tentunya belum bisa dipastikan saat ini. Usulan tersebut kan baru akan kami bahas. Selain itu juga akan kami konsultasikan dengan pihak eksekutif. Apakah perbubahan yang dilakukan sudah sesuai dengan kebutuhan atau tidak. Nanti akan ada  komunikasi sebelum diputuskan disetujui atau tidak,” ujar Pratikno, Kamis (17/9/2020).

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...