Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Satu Truk Penuh Kayu Sonokeling Diduga Hasil Curian Diamankan Polisi di Grobogan

MURIANEWS, Grobogan – Petugas gabungan dari Polsek Geyer dan Polhut Perum Perhutani KPH Gundih berhasil mengamakan puluhan batang kayu sonokeling yang dimuat dalam sebuah truk. Diduga kayu-kayu tersebut hasil pencurian di kawasan hutan.

Total kayu yang diamankan sebanyak 87 batang dalam berbagai ukuran dengan volume sekitar 3,036 meter kubik yang ditempatkan dalam bak truk bernomor polisi K 1465 RP. Kayu tersebut ditemukan petugas pada Selasa (15/9/2020), sekitar pukul 18.00 WIB.

Pengungkapan kasus ini bermula saat petugas KPH Gundih melakukan patroli di kawasan hutan RPH Bancar, BKPH Juworo turut Dusun Lebak, Desa Ledokdawan, Kecamatan Geyer pada Selasa (15/9/2020) pagi.

Ketika sampai di petak 7B kelas hutan sekunder, petugas mendapati ada empat tunggak pohon sonokeling bekas tebangan. Selanjutnya, peristiwa itu dilaporkan pada pimpinan KPH Gundih serta Polsek Geyer.

Kapolsek Geyer Iptu Danang Esanto mengatakan, setelah melakukan penyelidikan, petugas mendapat informasi dari masyarakat terkait keberadaan sebuah truk yang memuat kayu sonokeling tidak jauh dari lokasi ditemukannya pohon yang ditebang.

”Petugas selanjutnya mendatangi lokasi itu dan menemukan ada truk yang di dalam baknya terdapat muatan 87 batang kayu sonokeling,” katanya pada wartawan, Rabu (16/9/2020).

Truk tersebut dikemudian oleh Ngalim (46), warga Kecamatan Pulokulon, Grobogan. Saat dilakukan pemeriksaan, pengemudi truk tidak dapat menunjukan surat keterangan sahnya hasil hutan (SKSHH) terhadap kayu yang dibawanya itu.

Pengemudi truk berikut barang bukti 87 batang kayu sonokeling diamankan ke Mapolsek Geyer untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Sementara itu, Wakil Administratur KPH Gundih Ronny Merdyanto menambahkan, akibat kejadian ini, pihaknya mengalami kerugian sekitar Rp 9.248.988. Menurut Ronny, saat ini harga kayu sonokeling sedang tinggi.

Terkait kondisi ini, pihaknya perlu meningkatkan pengamanan dan patroli di wilayah-wilayah rawan. Yakni, di kawasan jati, kayu usia tua, dan petak sonokeling.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...