Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Soal Nasib Bangunan SD 1 Loram Wetan Kudus yang Atapnya Roboh, Ini Kata Disdikpora 

MURIANEWS,Kudus – Dua ruang bangunan di SD 1 Loram Wetan roboh, Selasa (15/9/2020). Dua ruang yang roboh itu sudah lama tidak difungsikan lantaran sudah mengalami kerusakan.

Bangunan SD yang mengalami kerusakan itu nantinya akan dikembalikan ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus melalui Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD). Pasalnya bangunan tersebut, sudah tidak lagi terpakai sejak lama.

Hal tersebut dikatakan Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Dian Vitayani Winahyu saat ditemui di kantornya, Rabu (16/9/2020) siang.

“Bangunan yang roboh itu dulunya SD 4 Loram Wetan, tapi di-regrouping dengan SD 1 Loram Wetan. Kedua bangunan yang roboh itu akan dikembalikan ke aset (BPPKAD), sebab kondisinya memang sudah rusak berat dan sudah roboh,” katanya.

Ia menjelaskan, dari beberapa bangunaan ruang kelas yang dulunya milik SD 4 Loram Wetan, beberapa di antaranya sudah tidak terpakai sejak lama. Termasuk bangunan yang atapnya roboh tersebut.

“Intinya, dengan tidak ada bangunan tersebut, pembelajaran di SD 1 Loram Wetan masih bisa berjalan, ruang kelasnya sudah mencukupi. Maka dari itu dari pada tidak digunakan lagi, kami kembalikan untuk dilakukan penghapusan aset,” terangnya.

Ke depanya jika sudah dilakukan penghapusan aset, kebijakan akan digunakan untuk apa sudah bukan tanggungjawab Disdikpora melainkan BPPKAD Kudus. “Apakah kemudian nanti bangunan diruntuhkan semua, kemudian dijual atau seperti apa itu sudah kewenangan aset,” ucapnya.

Baca: Atap Bangunan SD 1 Loram Wetan Kudus Ambruk

Diberitakan sebelumnya, atap bangunan Sekolah Dasar (SD) 1 Loram Wetan Kudus Roboh. Atap tersebut roboh, lantaran kayu-kayu penyangga atap sudah mulai lapuk.

Beruntung, dalam peristiwa yang terjadi pada Selasa (15/9/2020) sore itu, tak ada korban jiwa. Bangunan juga diketahui sudah tidak terpakai sejak lama, karena kondisinya memang mulai rusak.

Dari pantauan MURIANEWS di lapangan, ada satu ruang yang atapnya roboh keseluruhan. Sementara satu ruang di sebelahnya roboh sebagian.

 

Reporter : Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...