Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Lima Petahana di Jateng Lawan Kotak Kosong

MURIANEWS, Semarang – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah memastikan enam daerah peserta Pilkada Serentak di Jateng akan melawan kotak kosong. Dari jumlah tersebut, lima di antaranya adalah calon petahana.

Kelima daerah tersebut yakni Kota Semarang, Kabupaten Sragen, Boyolali, Kebumen, Grobogan. Sementara, satu paslon bukan petahana berasal dari Wonosobo.

“Kami sudah laporkan ke KPU pusat bahwa di Jawa Tengah, ada enam paslon yang akan melawan kotak kosong, dan lima di antaranya merupakan pasangan petahana,” katanya seperti dikutip Kompas.com, Rabu (16/9/2020).

Hasil itu diketahui setelah tak ada calon lain yang mendaftar hingga waktu perpanjangan ditutup, 13 September 2020 lalu. Karena itu, KPU melanjutkan ke tahapan pemeriksaan kesehatan, verifikasi, dan klarifikasi berkas pencalonan.

“Sampai saat ini baru Demak saja yang satu calonnya terpaksa diganti karena tidak lolos tes kesehatan yaitu Wakil Bupati petahana Demak Joko Sutanto. Tapi sudah diganti dengan Ali Mahsun untuk mendampingi Eisti menggantikan Joko,” jelasnya.

Kendati demikian, Yulianto meminta kepada masyarakat agar tetap menggunakan hak pilihnya dan tidak memilih untuk golput.

“Masyarakat bisa memilih paslonnya atau kotak kosongnya. Sama-sama sah, yang penting jadi aspirasi sah yang disalurkan ke TPS. Bukan berarti kemudian tidak datang ke TPS,” imbaunya.

Sementara terkait pelaksanaan kampanye dan debat publik, pihaknya menyarankan agar digelar secara daring atau virtual. Kemudian disiarkan melalui lembaga penyiaran publik maupun swasta.

“Meskipun dalam aturan pemilu masih boleh debat terbuka dengan jumlah maksimal 50 orang yang datang. Tapi kita sarankan digelar secara daring saja biar aman,” pungkasnya.

 

Enam daerah dengan paslon tunggal tersebut antara lain:

– Kota Semarang: Hendrar Prihadi Hendi-Hevearita Gunaryanti Rahayu (petahana wali kota-wakil wali kota)
– Kabupaten Grobogan: Sri Sumarni (petahana bupati) – Bambang Pujiyanto
– Kabupaten Boyolali: Mohammad Said Hidayat (petahana wakil bupati) – Wahyu Irawan
– Kabupaten Kebumen: Arif Sugiyanto (petahana wakil bupati) – Ristawati Purwaningsih
– Kabupaten Sragen: Kusdinar Untung Yuni Sukowati (petahana bupati) – Suroto
– Kabupaten Wonosobo: Afif Nurhidayat-Muhammad Albar (non petahana)

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Kompas.com

Comments
Loading...