Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

46 Warga Grobogan Berhasil Lulus Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif Bawaslu RI

MURIANEWS, Grobogan – Sebanyak 46 warga Grobogan dinyatakan lulus dari Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif (SKPP) yang diselenggarakan Bawaslu RI. Hal itu disampaikan Plt Ketua Bawaslu Grobogan Desi Ari Hartanta saat menyerahkan sertifikat kelulusan pada peserta yang lulus dalam SKPP, Selasa (15/9/2020).

Menurut Ari, peserta SKPP seluruh Indonesia jumlahnya sekitar 22 ribu orang. Dari peserta sebanyak ini hanya sekitar 12 ribu orang yang berhasil lulus.

Untuk di Grobogan, jumlah peserta SKPP ada 72 orang. Dari jumlah ini, hanya 46 yang dinyatakan lulus. Peserta SKPP ini usianya minimal 18 tahun dan maksimal 30 tahun.

Para peserta melakukan pendaftaran secara daring. Demikian pula, pelaksanaan SKPP dilakukan secara daring selama dua bulan. Yakni pada bulan April hingga Mei 2020 lalu.

“Jadi, penyelenggaraan kegiatan SKPP ini semuanya dilaksanakan secara daring, termasuk saat ujiannya. Baru pada penyerahan sertifikat kelulusan ini saja yang dilakukan secara langsung. Meski demikian, penyerahan sertifikat ini kita bagi dua sesi dan menerapkan protokol kesehatan,” katanya.

Ari menambahkan, selama mengikuti kegiatan, peserta SKPP mendapatkan berbagai materi lengkap terkait tahapan penyelenggaraan pemilu, baik Pileg maupun Pilkada. Seperti, materi tentang peraturan, pencegahan, pelaporan apabila ada dugaan pelanggaran, hingga bagaimana menyelesaikan pelanggaran tersebut.

“Harapan kami, mereka yang lulus ini nantinya bisa memberikan pendidikan pada masyarakat untuk mencegah pelanggaran pemilu. Mereka juga akan kita minta untuk menjadi pengawas partifipatif dalam pelakanaan pemilu,” imbuhnya.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...