Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Digelar Online, Ribuan Mahasiswa Baru UMK Ikuti Sapamaba dari Rumah

MURIANEWS, Kudus – Masa pengenalan akademik mahasiswa baru (Sapamaba) Universitas Muria Kudus (UMK) tahun ini berbeda dari sebelumnya. Di tahun lalu, Sapamaba digelar sangat meriah, mulai dari inagurasi, pembekalan,  hingga berbagai perlombaan untuk mahasiswa baru dari berbagai jurusan.

Namun, karena adanya pandemi sehingga tidak bisa mengumpulkan massa, Sapamaba tahun ini digelar melalui daring. Sebanyak 2.400 mahasiswa baru mengikuti sapamaba yang digelar selama tiga hari, dari rumah masing-masing, mulai Senin (14/9/2020) sampai Rabu (16/9/2020).

”Kemarin wisuda kami adakan drive thru, untuk sapamaba kali ini kami  laksanakan secara daring,” kata Rektor UMK Dr Suparnyo. Selasa (15/9/2020)

Meski digelar secara oneline, tidak mengurangi esensi atau nilai dasar dari Sapamaba tersebut. Karena sudah dilakukan persiapan dengan baik dan pelaksanaanya dilakukan secara maksimal.

“Beberapa kekurangan tentu akan masih ada. Apalagi Sapamaba secara daring ini baru digelar pertama kalinya. Namun akan kami laksanakan semaksimal mungkin agar bisa berjalan dengan lancar,” terangnya.

Di hari pertama Sapamaba berisi materi tentang akademik. Mulai dari visi misi UMK, penjelasan akademik dan Program Merdeka Belajar, pengenalan fakultas dan prodi, pelayanan sistem IT hingga kegiatan akademik dan non akademik pada skala internasional.

“Hari kedua hari ini, lebih kepada pembekalan kepada mahasiswa terkait kebencanaan atau mitigasi bencana. Selain itu juga tentang gerakan antiradikal, penanggulangan narkoba, hingga pendidikan anti korupsi,” jelasnya.

Sementara untuk hari ketiga, mahasiswa akan dikenalkan tentang organisasi kampus. Seperti badan esekutif mahasiswa (BEM) hingga unit kegiatan mahasiswa (UKM). Mahasiswa baru juga akan diberi penjelasan tentang program kompetisi hingga beasiswa yang bisa diikuti selama di UMK.

“Di kesempatan ini mahasiswa baru bisa menentukan sesuai bakat dan keinginannya untuk berorganisasi,” ucapnya.

Ia juga menambahkan, mahasiswa harus sudah mempersiapkan diri sejak awal dan harus memiliki target atau cita-cita apa yang akan diraih.

”Harus disiapkan sedari awal. Ingin jadi bupati, menteri, pengusaha atau bahkan presiden, harus disiapkan sejak awal. Jadi biar mempunyai motivasi dan target,” tandasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...