Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Lupa Matikan Api Pawon, Rumah Warga Sumberjatipohon Grobogan Terbakar

MURIANEWS, Grobogan – Kebakaran terjadi di Dusun Krajan, Desa Sumberjatipohon, Kecamatan Grobogan, Senin (14/9/2020). Beruntung, kebakaran yang berlangsung sekitar pukul 12.45 WIB itu bisa segera dipadamkan warga dan petugas damkar.

“Bangunan yang terbakar adalah bagian rumah belakang atau dapur. Sedangkan bagian rumah utama belum sampai terbakar karena api berhasil dipadamkan. Akibat kejadian ini, korban mengalami kerugian sekitar Rp 10 juta,” kata Kabid Damkar Satpol PP Grobogan Gogot Cahyanto.

Dijelaskan, rumah yang terbakar milik Sriyono (48), warga RT 04, RW 01. Penyebab kebakaran diduga berasal dari api pawon atau tungku tradisional yang lupa dimatikan sehingga membakar tumpukan kayu bakar yang ada di dekatnya.

“Sebelum kejadian, istri pemilik rumah sempat membikin kerupuk. Tidak lama kemudian ditinggal pergi untuk mengantarkan kerupuk tadi ke tempat pemesannya,” jelasnya.

Gogot mengungkapkan, selain di Sumberjatipohon, pada hari ini juga terjadi kebakaran di Kelurahan/Kecamatan Purwodadi. Kebakaran sekitar pukul 01.30 dinihari itu menimpa rumah Agus Suseno (30).

Kebakaran diketahui langsung oleh pemilik rumah dan yang bersangkutan langsung menghubungi damkar untuk meminta bantuan pemadaman. Selanjutnya, petugas langsung meluncur ke lokasi kejadian yang jaraknya sekitar 500 meter dari kantor damkar.

Sekitar 30 menit kemudian, kebakaran berhasil diatasi. Meski demikian, sebagian bangunan rumah belakang sempat terbakar dengan tafsir kerugian material sekitar Rp 5 juta.

“Untuk penyebab kebakaran ini diperkirakan dari korsleting listrik dari rumah bagian belakang,” katanya.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...