Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pemkab Revisi Perbup PKM untuk Akomodir Izin Pertunjukan di Jepara, Dijanjikan Sepekan Selesai

MURIANEWS, Jepara – Sebanyak 10 perwakilan Asosiasi Pekerja Seni Jepara (Aspaja) diterima oleh sejumlah pejabat setelah melakukan aksi demonstrasi, Senin (14/9/2020). Pertemuan tersebut dilakukan di Ruang Kerja Bupati Jepara.

Pejabat yang menemui perwakilan Aspaja, di antaranya ada Assisten I Sekda Jepara Mulyaji dan Kepala Satpol PP Jepara, Abdul Syukur.

Asisten I Sekda Jepara, Mulyaji menyampaikan pihaknya bisa memahami situasi yang terjadi. Pemkab Jepara sudah berusaha mati-matian untuk menangani pandemi yang terjadi.

Pihaknyapun berharap semua sendi kehidupan bisa berjalan dengan normal kembali. Terkait dengan aspirasi yang disampaikan, Mulyaji meminta agar bisa bersabar. Saat ini Pemkab Jepara tengah menyiapkan revisi Perbup tentang Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM).

Di dalam Perbup ini nanti juga diatur mengenai kegiatan pertunjukan, yang tentu saja tetap memberi penekanan pada penerapan protokol kesehatan. Dalam sepekan ke depan diharapkan Perbup ini sudah bisa diberlakukan dan bisa menjadi pedoman dalam kegiatan masyarakat.

Para pekerja seni di jepara menggelar aksi di depan kantor Bupati. (MURIANEWS/Budi Erje)

Meski demikian semua tetap ada batasan-batasan yang harus dipatuhi, dalam setiap kegiatan termasuk kegiatan pertunjukan.

“Saya kira dalam masalah ini posisi Pemkab Jepara sudah jelas. Semua memang bukan kehendak kami. Kalaupun yang datang berjuta-juta dan aturannya memang tidak bisa, maka kami tentu juga akan mengatakan tidak bisa,” katanya.

”Namun sudah kami sampaikan, saat ini sudah disusun revisi Perbup yang didalamnya mengatur soal kegiatan masyarakat. Termasuk soal pertunjukan, ada diatur disana. Jadi nanti kawan-kawan bisa mempedomani aturan tersebut,” tambah Mulyaji.

Sementara itu, Tigor Sitegar yang menjadi koordinator aksi Aspaja menyampaikan semua keluhan para anggotanya. Karena itu, ia menyambut angin segar yang dijanjikan pemkab dalam perbup tersebut.

Para demonstrasn juga menyepakati menunggu satu minggu untuk memastikan bahwa Perbup PKM sudah diberlakukan.

“Jika nanti dalam waktu sepekan tidak ada kabar dan realisasinya, maka kami akan melakukan aksi dengan jumlah lebih banyak lagi. Kami kira kami bisa memahami jika memang jawaban dari Pemkab seperti itu,” tegas Tigor Sitegar.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...