Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Bikin Nagih! Indahnya Bukit Pengusen Pati Ini Jadi Surga Pecinta Adventure

MURIANEWS, Pati – Hembusan angin dari puncak pegunungan muria, begitu terasa ketika malam tiba. Namun, api unggun, kebersamaan, dan keceriaan tetap menghangatkan suasana para journalist adventur yang sedang kamping akhir pekan.

Berada di Bukit Pengusen Desa Gulangpongge, Kecamatan Gunungwungkal. Tempat yang begitu alami, sangat tepat untuk melepaskan kepenatan. Apalagi di sebelah timur terdapat hutan pinus yang begitu rimbun.

Bukit yang belum dibuka untuk umum ini, memang menawarkan panorama keindahan alam. Ketinggiannya sekitar 1.000 meter di atas permukaan laut (MDPL). Sehingga dapat memanjakan mata para pengunjung.

Selain itu, lokasinya jauh dari perkampungan, yakni sekitar dua kilometer. Dengan kondisi itu, para pengunjung bebas untuk mengekspresikan kegundahan taupun kegelisahan dengan alam.

Kuntardi, Kades Gulangpongge mengatakan, Bukit Pengusen itu memnag merupakan tanah desa dan dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Rencananya akan difokuskan sebagai objek wisata alam.

“Kepikiran untuk membuka bukit Pangusen ini sudah lama. Kemudian sekitar tahun 2018, kami mulai membersihkan dan menata tempatnya untuk dijadikan obyek wisata,” katanya.

Suasana Kamping para Journalist Adventur di Bukit Pengusen (MURIANEWS/Cholis Anwar)

Sampai saat ini pun, bukit nan indah itu secara resmi belum dibuka. Apalagi, pandemi Covid-19 sampai saat ini masih berlangsung. Tetapi awal 2021 rencananya bukit tersebut akan dibuka untuk umum.

“Itu baru rencana, semoga bisa terlaksana lah. Karena saat ini kami juga masih melakukan perbaikan dan penambahan spot yang sekiranya dapat menarik pengunjung,” imbuhnya.

Di lokasi ini, memang sangat tepat untuk mendirikan tenda. Apalagi kalau bersama pacar ataupun keluarga, suasana akan semakin indah. Ditambah, panorama alam yang begitu mempesona.

Salah seorang pengunjung, Hery Purwaka yang juga anggota Journalist Adventure Pati mengaku, suasananya sangat dapat. Terlebih pada saat malam dan terbitnya matahari.

Dari ketinggian itu, dia bisa melihat kemerlip lampu perkotaan sambil menyeruput kopi. Sangat jelas, terutama di wilayah Kecamatan Tayu dan Kabupaten Rembang.

“Sangat mempesona. Saat matahari terbit, kita juga bisa melihatnya secara langsung. Ini yang mungkin menjadi keistimewaan di Bukit Pengusen,” terangnya.

Untuk sampai ke lokasi, lanjut Hery, memang membutuhkan sedikit keberanian. Lantaran kondisi jalan yang terjal dan penuh gelombang, tentu akan menjadi tantangan tersendiri.

Namun, informasi yang didapatkan dari pengelola, jalur menuju Bukit Pengusen itu akan degera dimakadam. Sehingga para pengunjung tidak lagi kesulitan untuk sampai ke lokasi.

“Pokoknya indah sekali. Orang Pati kalau belum datang ke Bukit Pengusen ini, pasti rugi,” tandasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...