Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Cynthia Box Cycling, Berawal dari Empat Sekawan Kini Wadahi Puluhan Pesepeda Road Bike

MURIANEWS, Kudus – Cynthia Box Cycling (CBC), begitu nama salah satu komunitas sepeda balap (road bike) di Kota Kretek. CBC awalnya didirikan oleh empat orang  asal Desa Klumpit, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus pada 17 Juli 2017 silam.

Empat sekawan itu yakni Suwito, Rahmad Andum Basuki, Khoirul Umam, dan Nur Falih. Mereka merupakan teman sekampung yang memang punya hobi berolahraga.

“Waktu itu kami bergelut di dunia  sepak bola dan juga bulu tangkis,” kata Ketua CBC Kudus Suwito, Sabtu (12/9/2020).

Lantas, ketika mereka berusia 40 tahun, mereka pun ingin mencari alternatif olahraga lain. Mereka pun memutuskan untuk terjun di dunia sepeda, dan road bike menjadi pilihannya.

Dari hobi baru ini mereka pun lantas mendirikan komunitas yang dinamai CBC tersebut.

“Moto kami Togheter and Happiness. Hingga saat ini CBC sudah memiliki 50 anggota. Kami latihan gowes bareng rutin sepekan tiga kali, setiap Rabu, Jumat, dan Minggu,” ujarnya.

Aksi anggota CBC Kudus saat menjajal tanjakan dalam even sepeda yang mereka ikuti. (MURIANEWS/dok CBC)

Sesuai dengan namanya, CBC tak lepas dari peran salah seorang pendiri komunitas yakni Rahmad Andum Basuki. Ia merupakan pemilik perusahaan CV Cynthia Box yang bergerak di bidang converting carton box, yang menjadi sponsor utama komunitas ini.

“Chyntia Box itu sponsor utama yang biasanya mendukung biaya operasional CBC saat mempunyai agenda atau mengikuti even sepeda di luar kota. Mulai dari akomodasi hingga transportasi. Sedangkan yang mengatur semua agenda ada Manajer CBC Kudus Baharuddin Fardian Hasbi,” jelasnya.

Meski baru beberapa tahun berdiri, CBC sudah mengikuti berbagai even bergengsi dan beberapa di antaranya mendapatkan juara.

Seperti, Tour de Ambarukmo, Tour de Borobudur, Tour de Prambanan, Tour de Jogja, Tour de Solo Raya, Le Tour de Ortopedi, PruRide, Gran Fondo New York (GFNY) Bali, hingga Bromo KOM Challenge.

“Dari beberapa even yang pernah kami ikuti, Bromo KOM Challengelah yang paling berkesan dan menantang. Dari awal sampai akhir full tanjakan tinggi, jika dibandingkan di tanjakan Ternadi Kudus sangat jauh. Tapi di masa pandemi ini, saya tidak menganjurkan untuk CBC mengikuti even besar di luar kota,” ungkapnya.

Selain gowes rutin dan mengikuti beberapa event besar, CBC juga mengadakan latihan rutin Sukolilo Loop setiap hari Rabu yang boleh diikuti goweser dari berbagai komunitas. CBC juga merencanakan setiap awal pekan di tiap bulan mengadakan Tour de Keling Kelet sejauh kurang lebih 144 kliometer.

“Ke depannya, saya berharap CBC akan semakin solid dan eksis di berbagai even sepeda. Sesuai dengan moto kami, CBC juga bisa tetap menjaga kebersamaan dan komunikasi yang baik dengan komunitas lain,” tandasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Catatan Redaksi: Berita ini telah mengalami penyuntingan ulang pada judul dan ejaan nama komunitas CBC demi peningkatan kualitas berita

Comments
Loading...