Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pemdes di Kudus Didorong Aktif Kembangkan Potensi Wisata

MURIANEWS, Kudus – Seluruh desa wisata di Kabupaten Kudus didorong untuk memaksimalkan potensi pariwisatanya secara swadaya. Hal tersebut, dilakukan agar fondasi membangun destinasi wisata yang besar semakin kuat.

Anggota DPRD Jateng Mawahib menilai, pemerintah desa haruslah aktif dalam pengembangan wisata di wilayahnya. Semua potensi pun diharapkan bisa dikelola dengan maksimal.

“Terlebih desa-desa wisata yang sudah jelas memiliki potensi wisata,” ucap Mawahib dalam Forum Diskusi Aktual (FDA) dengan tema “Optimalisasi Desa Wisata dalam Pembangunan Desa” di Balai Desa Jepang, Mejobo, Kudus, Jumat (11/9/2020) sore.

Pihaknya pun menyatakan siap dalam hal dukungan anggaran. Namun, yang pertama kali memberikan dukungan penganggaran, seharusnya memang dari pemerintah desanya sendiri. “Sehingga pondasinya solid,” kata dia.

Selain itu, lanjut dia, di masa pandemi dibutuhkan upaya yang lebih keras untuk memacu perekonomian desa. Sehingga warga-warganya tetap berpenghasilan.

“Salah satu peluangnya adalah dari sektor pariwisata ini, jika bisa mengelola dengan baik maka akan membuka lanangan pekerjaan bagi masyarakatnya,” jelas dia.

Sementara pemerhati budaya Abdul Jalil mengatakan, untuk mengembangkan potensi desa memang perlu persiapan dan perencanaan. Terlebih jika desa memang baru saja menggali potensi desanya.

“Gali data potensi wisata secara detail agar wisatawan tertarik, termasuk nilai lebih yang bisa ditawarkan kepada masyarakat luas,” katanya.
Pihaknya pun mencontohkan pengembangan potensi wisata di Desa Jepang yang memiliki keunggulan di bidang kerajinan bambu. Sekalipun hal kecil, apabila dikembangkan dengan benar maka akan bisa menarik perhatian.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...