Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Arca Temuan Warga Nglinduk Grobogan Ditengarai dari Peradaban Hindu Kuno

MURIANEWS, Grobogan – Tim dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah datang ke Desa Nglinduk, Kecamatan Gabus, Jumat (11/9/2020). Kedatangan tim sebanyak tiga orang ini untuk melakukan pengecekan awal terkait arca kuno yang ditemukan warga beberapa hari lalu.

Ikut mendampingi tim dari BPCB, Kabid Kebudayaan Disporabudpar Grobogan Kukuh Prasetyo Rusady dan perwakilan Forkopimcam Gabus.

Pamong Budaya Madya BPCB Jateng Deny Wahju Hidayat mengungkapkan, fragmen arca yang ditemukan kemungkinan adalah Dewi Durga. Kemudian, ada arca Nandi dan Dewa Siwa.

Menurutnya, penemuan arca kuno bersejarah itu di sisi lain menjadi sebuah petunjuk tentang kemungkinan adanya peradaban Hindu di sekitar tempat tersebut pada masa lalu. Hanya saja untuk memastikan hal ini masih butuh kajian lebih mendalam.

Deny menjelaskan, pihaknya belum bisa menentukan berapa usia arca yang ditemukan tersebut.

Tim dari BPCB Jateng mengecek temuan arca kuno di Desa Nglinduk, Kecamatan Gabus, Jumat (11/9/2020). (MURIANEWS/Dani Agus)

Pihaknya masih akan melakukan pembahasan lebih lanjut dengan tim arkeolog lainnya untuk mengetahui lebih detail tentang temuan tersebut.

“Fokus kita saat ini adalah mengecek fragmen temuan terlebih dulu. Kemudian, kita pastikan benda temuan itu sudah diamankan. Selanjutnya, hasil kunjungan kesini akan kita laporkan pada pimpinan guna menentukan langkah selanjutnya,” jelasnya pada wartawan.

Kabid Kebudayaan Disporabudpar Grobogan Kukuh Prasetyo Rusady mengapresiasi langkah cepat dari BPCB Jateng yang langsung melakukn pengecekan awal ke lokasi penemuan.

Baca: Cari Batu di Kawasan Hutan, Warga Nglinduk Grobogan Justru Temukan Arca Kuno

Pihaknya juga mendukung upaya pihak desa yang ingin mempertahankan agar benda temuan itu bisa disimpan di Desa Nglinduk.

“Semoga dari penemuan ini nanti bisa terungkap sejarah masa lalu di Desa Nglinduk dan sekitarnya,” cetusnya.

Seperti diberitakan, warga Desa Nglinduk, Kecamatan Gabus digegerkan dengan penemuan arca kuno dari bahan batu, Rabu (9/9/2020). Arca tersebut ditemukan warga saat mencari batu untuk fondasi rumah di sekitar kawasan hutan di wilayah Dusun Segoro Gunung, Desa Nglinduk.

Kepala Dusun Segoro Gunung, Desa Nglinduk Susilo menjelaskan, saat mencari batu buat fondasi, warga melihat ada bongkahan batu yang warnanya agak aneh, tidak seperti batu lainnya. Saat diperiksa, ternyata batu itu merupakan potongan bagian sebuah arca.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...