Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Soal Pengisian Wabup Jepara, PDIP Masih Tunggu Petunjuk DPD Jateng

MURIANEWS, Jepara – Proses pengisian posisi jabatan Wakil Bupati Jepara, sampai saat ini masih belum menunjukan perkembangan signifikan. Meskipun sempat mencuat menjadi salah satu isu politik lokal, prosesnya bahkan secara administratif pemerintahan belum dimulai.

Masalah ini masih menunggu hasil komunikasi antara Partai PDI Perjuangan dan Bupati Jepara.

Sekretaris DPC PDI Perjuangan Jepara Junarso menyatakan, sampai sejauh ini pihaknya masih menunggu petunjuk dar DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah.

Mengenai pengisian jabatan Wabup Jepara, pihaknya sejauh ini sudah menyampaikan ke DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah. Selanjutnya, pihaknya dalam posisi menunggu, untuk menindak-lanjuti masalah ini.

“Jadi, terkait itu kan memang harus melalui mekanisme partai dan juga regulasi yang berlaku. Sampai saat ini ya, PDI Perjuangan Jepara memang masih dalam posisi menunggu petunjuk dari DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah,” ujar Junarso, Jumat (11/9/2020).

Menurutnya, sesuai dengan regulasi yang ada, proses tersebut secara administrative akan dimulai saat Bupati dan PDI Perjuangan Jepara mengirimkan surat ke DPRD Jepara.

Setelah ada surat masuk ke DPRD Jepara, maka proses selanjutnya akan bisa dilaksanakan. Sedangkan untuk saat ini, partai dan Bupati Jepara masih dalam tahap melakukan koordinasi dan komunikasi.

PDI Perjuangan sendiri, menurut Jurnaso, secara kelembagaan masih melakukan proses di internal terkait masalah ini. Siapa yang akan direkomendasikan untuk posisi jabatan ini juga belum diketahui.

Semua pihak di PDI Perjuangan Jepara masih dalam posisi menunggu. Nanti setelah ada petunjuk melalui DPD PDI Perjuangan, tentu akan segera dilakukan tahapan selanjutnya.

“Iya nanti kan ada dua calon yang direkomendasikan oleh partai. Soal siapa yang akan terpilih, mekanismenya nanti akan berlangsung di DPRD Jepara. Aturannya, nanti dari dua calon yang diajukan partai pengusung, akan dipilih oleh anggota DPRD jepara,” tambah Junarso.

Dari isu yang berkembang, saat ini sudah ada nama-nama calon yang tengah ditimbang dan dipilih oleh PDI Perjuangan. Setidaknya sudah ada 5limanama yang kabarnya sudah masuk di DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah.

Mereka terdiri dari kader partai sebanyak tiga orang, satu pengusaha dan satu orang lagi dari kalangan birokrat. Namun hingga saat ini belum ada rekomendasi yang turun dari PDI Perjuangan.

Dalam kesempatan terpisah, Bupati Jepara Dian Kristiandi menyatakan, hingga saat ini pihaknya belum bisa menyampaikan banyak hal terkait pengisian jabatan Wabup Jepara ini.

Pihaknya sejauh ini juga masih berkomunikasi dan berkoordinasi dengan partai PDI Perjuangan. Dalam hal ini pihaknya menyatakan masih akan tetap menunggu keputusan partai.

“Soal ini, kita tunggu saja sama-sama. Kami masih berkoordinasi dengan partai. Belum ada instruksi yang disampaikan sejauh ini,” ujar Dian Kristiandi, secara terpisah.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...