Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Beredar Kabar Kudus Tertinggi Corona di Jateng, Gugus Tugas Pastikan Hoaks

MURIANEWS, Kudus – Sebuah tangkapan layar pesan berisikan informasi bahwa Kabupaten Kudus menjadi wilayah penyebaran corona tertinggi di Jawa Tengah tersebar di sejumlah platform media sosial, Kamis (10/9/2020).

Dalam tangkapan layar tersebut, dituliskan jika Kudus memiliki kasus corona sebanyak 2.210 orang. Lebih tinggi dari 13 daerah lain yang turut disertakan di dalamnya, seperti Demak, Semarang, dan kabupaten lain.

Dalam tangkapan layar tersebut juga bertuliskan jika Kementerian Kesehatan memprediksi akan ada ledakan yang sangat luar biasa soal kasus Covid-19.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kudus dokter Andini Aridewi mengatakan, data tersebut bukanlah data yang sebenarnya dan dipastikan hoaks.

Andini menambahkan, pihaknya juga mendapati tidak jelasnya sumber yang digunakan oleh pengirim pertama. Selain itu, data di kota-kota lainnya yang disebutkan dalam pesan berantai tidak sesuai dengan situs resmi Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

“Dengan demikian, dapat kami pastikan bahwa pesan berantai tersebut adalah hoaks atau kabar tak benar,” katanya ketika dihubungi via telepon, Kamis (10/9/2020) malam.

Andini menambahkan, pencatatan data kasus corona di Kudus berpedoman pada laman resmi milik Pemprov Jateng. Yakni corona.jatengprov.go.id.

“Untuk data resmi penambahan kasusnya bukan sejumlah itu, melainkan ada sebanyak 1.279 kasus,” ucap dia.

Jika berpedoman dari laman resmi tersebut, Kabupaten Kudus bukanlah yang tertinggi di Jawa Tengah. Melainkan Kota Semarang dengan angka kasus mencapai 4.588.

“Disusul Kabupaten Jepara di nomor dua dan Demak di nomor tiga, dan barulah Kabupaten Kudus nomor empat,” terangnya.

Pihaknya pun berharap masyarakat tak menelan mentah-mentah informasi yang beredar di masyarakat.

Apabila ingin melihat perkembangan Covid-19 di Kudus, katanya, bisa mengakses laman resmi milik Pemkab Kudus. “Yakni di laman corona.kuduskab.go.id,” pungkasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...