Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Cek Uji Coba Sekolah Tatap Muka, Siswa Ini Diberi Kejutan Ganjar Sampai Nangis

MURIANEWS, Temanggung – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo keliling ke Temanggung dan Wonosobo untuk memeriksa uji coba sekolah tatap muka di dua kabupaten tersebut, Kamis (10/9/2020). Ia ingin memastikan, bahwa pelaksanaan uji coba berjalan lancar dan protokol kesehatan dilaksanakan secara ketat.

Salah satu sekolah yang dikunjungi yakni SMAN 1 Parakan Temanggung. Di sekolah ini, Ganjar tak langsung mencari guru untuk mendapatkan laporan.

Saat memasuki salah satu ruang kelas, Ganjar langsung meminta salah satu murid untuk menjelaskan, bagaimana protokol kesehatan diterapkan selama proses uji coba pembelajaran tatap muka itu.

Risa Setyaningsih (17), siswi kelas XII SMAN 1 Parakan Temanggung langsung tunjuk tangan. Dengan gamblang, dirinya menjelaskan kepada Ganjar mekanisme belajar tatap muka di sekolahnya.

“Awalnya saya bangun pagi, menyiapkan sarapan buat di sekolah. Karena kantin sekolah tutup, jadi harus bawa bekal dari rumah. Setelah itu berangkat naik motor ke sekolah, tidak boleh bonceng teman, karena bahaya,” kata Risa.

Risa melanjutkan, sesampainya di sekolah, ia langsung memarkirkan motornya di tempat parkir yang telah disediakan. Tempat parkirnya juga dibatasi dan tidak boleh berdempetan.

“Setelah itu kita dicek suhunya di pintu gerbang, cuci tangan pakai sabun dan langsung masuk kelas. Di dalam kelas, ya hanya duduk saja, tidak boleh ngrumpi sama temen. Duduknya dikasih jarak seperti ini, terus pas istirahat juga tidak boleh ngrumpi,” jelasnya.

Simulasi simulasi pembelajaran tatap muka di SMK N 1 Temanggung dipantau langsung Gubernur Ganjar Pranowo. (MURIANEWS/Istimewa)

Saat jam belajar selesai, semua siswa lanjut Risa juga langsung pulang dengan tertib. Sesampainya di rumah, Ia langsung mencuci masker yang dipakai di sekolah dan mandi. “Setelah itu ganti baju dan membantu kegiatan di rumah,” jelasnya.

Mendengar jawaban Risa itu, Ganjar langsung tepuk tangan memberikan kejutan yang membuat Risa langsung menangis.

Ia bahkan tak sanggup bicara hingga beberapa menit, setelah mendapat kejutan dari Gubernur Jawa Tengah itu. Ganjar memberinya laptop, yang selama ini ia idamkan.

Risa yang berencana melanjutkan kuliah jurusan statistik itu mengatakan sudah menabung cukup lama. Ia memang pernah punya laptop, tapi rusak dan ingin beli yang baru.

Namun karena orang tuanya sudah tidak ada, dan dirawat neneknya ia tak mau menyusahkan. Ia pun mencoba menabung.

“Kamu pintar, jelas sekali protokolnya dan saya harap semuanya seperti Risa ya. Karena kamu pinter, sudah menjelaskan secara gamblang, kamu saya kasih laptop,” kata Ganjar.

Langsung saja, raut wajah Risa menjadi terkejut. Ia menutup mulutnya dan sesekali melirik teman di belakangnya. Seolah tak percaya, Ia kembali melirik Ganjar.

“Iya, saya hadiahi laptop. Mau apa enggak, buat kuliah nanti,” tegas Ganjar dan langsung saja Risa menangis.

Ganjar pun kemudian meminta ajudannya mencatat nomor telepon Risa. Ia meminta Risa belajar dengan rajin agar cita-citanya dapat tercapai.

Baca: Tujuh SMA di Jateng Hari Ini Mulai Gelar Simulasi Pembelajaran Tatap Muka

Selain di SMAN 1 Parakan, Ganjar juga memeriksa SMKN 1 Temanggung, SMKN 2 Wonosobo dan SMAN 2 Wonosobo.

Dari hasil sidaknya ke sejumlah sekolah di Temanggung dan Wonosobo Ganjar mengatakan semuanya berjalan lancar. Meski demikian, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jateng diminta selalu memantau setiap hari, dan melakukan evaluasi secara kumulatif setiap pekan.

“Kita memang sedang mencari metode yang paling baik, agar ini semua berjalan aman. Kalau nggak, ya kita tutup lagi,” tegasnya.

Parameter keberhasilan uji coba sekolah tatap muka ini menurut Ganjar cukup simpel. Semua proses berjalan baik, tidak ada yang tertular Covid-19 selama uji coba berlangsung dan semua standar protokol kesehatan bisa dilaksanakan dengan baik.

Proses uji coba belajar tatap muka lanjut Ganjar akan dilaksanakan selama dua pekan. Nantinya, hasil uji coba itu akan menjadi patokan, apakah dilanjutkan, ditambah jumlahnya atau diambil keputusan lain.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...