Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

SMP di Kudus Ini Siapkan Sistem CBT Penilaian Tengah Semester via Daring

MURIANEWS, Kudus – Mulai pekan depan SMP di Kudus bakal menggelar penilaian tengah semester (PTS) secara daring. Ini dilakukan setelah Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) membatalkan rencana PTS secara tatap muka.

Sekolahpun kini harus sudah siap untuk menggelar pelaksanaan PTS menggunakan sistem daring. Wakil Kepala SMPN  4 Kudus Agus Nurdin mengatakan, sebelumnya pihaknya sudah mulai mempersiapkan soal-soal untuk menggelar PTS tatap muka. Namun baru soal di hari pertama yang sudah siap.

“Setelah ada pengumuman jika jadinya PTS digelar daring, pembuatan soal kami hentikan. Beruntung sebelumnya kami sudah siap PTS daring menggunakan sistem Computer Based Test (CBT) melalui website SMP 4 Kudus,” katanya, Kamis (10/9/2020).

Ia menjelaskan, teknisnya soal pilihan ganda ditampilkan di website, kemudian siswa mengerjakannya dengan waktu selama 90 menit. Setelah selesai akan terkoreksi secara otomatis dan siswa bisa langsung melihat nilainya.

“Jumlah soal 30 sampai 40. Kalau matematika nantinya akan lebih sedikit dibanding soal yang lain namun, dengan waktu yang sama. PTS nanti ada 11 mata pelajaran sesuai kurikulum,” ucapnya.

Baca: Kudus Batal Gelar Penilaian Tengah Semester Tatap Muka di Sekolah

Ia juga mengaku sore ini akan melakukan uji coba PTS sistem CBT kepada semua siswanya. Ini dilakukan untuk memastikan agar semua siswa sudah siap dan paham saat pelaksanaan PTS pekan depan. Selain itu juga memastikan server aman tanpa kendala.

“ Tapi nanti saat pelaksanaan kami menyediakan sarana laboratorium bagi siswa yang tidak mempunyai HP, namun sangat terbatas dan mengikuti protokol kesehatan,” tandasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...