Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Penemuan Arca Kuno di Nglinduk Grobogan, BPCB Jateng Segera Kirim Arkeolog

MURIANEWS, Grobogan – Kabar penemuan arca kuno di Desa Nglinduk, Kecamatan Gabus, Grobogan sudah sampai ke Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jateng. Dalam waktu dekat, BPCB Jateng akan mengirimkan tim arkeologi untuk melakukan kajian di lokasi penemuan arca kuno tersebut.

“Kami sudah dapat laporan terkait penemuan arca di Desa Nglinduk. Saya sudah disposisi pada staf untuk segera menindaklanjuti penemuan itu,” kata Kepala BPCB Jateng Sukronedi, Kamis (10/9/2020).

Menurut Sukron, dari kiriman foto yang diterima, arca batu yang ditemukan itu sepertinya termasuk benda bersejarah. Hanya saja, ia tidak bisa menjelaskan lebih jauh hanya dengan berdasarkan gambar itu saja.

“Nanti kalau sudah ada kajian baru bisa disampaikan keterangan lebih lengkap. Namun, kalau dilihat dari gambarnya, penemuan itu sepertinya benda bersejarah,” sambung mantan Kepala Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran itu.

Masih dikatakan Sukron, dari kajian nanti juga akan bisa diketahui bagaimanakah benda itu bisa berada di lokasi tersebut.

Yakni, apakah memang aslinya dibikin disitu atau disebabkan transformasi alam. Misalnya, terbawa ke lokasi itu karena bencana alam.

“Saya sudah meminta agar benda temuan itu diamankan dulu. Untuk lokasi penemuan juga perlu diawasi dan sebaiknya tidak ada aktivitas dulu di lokasi,” imbuhnya.

Baca: Cari Batu di Kawasan Hutan, Warga Nglinduk Grobogan Justru Temukan Arca Kuno

Seperti diberitakan, warga Desa Nglinduk, Kecamatan Gabus digegerkan dengan penemuan arca kuno dari bahan batu, Rabu (9/9/2020). Arca tersebut ditemukan warga saat mencari batu untuk fondasi rumah di sekitar kawasan hutan di wilayah Dusun Segoro Gunung, Desa Nglinduk.

Kepala Dusun Segoro Gunung Susilo menjelaskan, saat mencari batu buat fondasi, warga melihat ada bongkahan batu yang warnanya agak aneh, tidak seperti batu lainnya. Saat diperiksa, ternyata batu itu merupakan potongan bagian sebuah arca.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...