Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Tersesat di Puncak Argopiloso, Tiga Pendaki Pemula Berhasil Dievakuasi

MURIANEWS, Kudus – Tiga pendaki pemula tersesat di Puncak Argopiloso, Desa Japan, Kecamatan Dawe, Kudus,  Rabu, (9/9/2020) malam. Beruntung, mereka berhasil dievakuasi oleh relawan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kudus.

Ketiga pendaki tersebut diketahui bernama Fahrur Bintang (15), Dicky Fahrizal (18), dan Aprilio Dikdaya (17). Ketiganya berasal dari Kabupaten Kudus.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Kudus Budi Waluyo mengatakan, ketiga pendaki tersebut ditemukan dengan selamat sekitar pukul 21.30 WIB. Sebelumnya, tiga pendaki tersebut dinyatakan hilang kontak sekitar pukul 17.00 WIB.

“Semua dalam kondisi selamat, hanya satu anak yang sedikit mengalami kedinginan dan trauma ringan,” kata Budi Kamis (10/9/2020).

Budi mengatakan, berdasarkan keterangan ketiga korban, mereka melakukan pendakian ke Puncak Argopiloso pada pukul 10.30 WIB . Selang setelahnya, mereka pun turun kembali.

“Di atas mereka hanya mengambil swafoto dan kemudian turun kembali,” ujarnya.

Namun dalam perjalanan turun, para korban yang tak menguasai jalur akhinya tersesat dan keluar dari jalur pendakian. Pukul 17.00 WIB, mereka pun hilang kontak.

“Beruntung pukul 17.30 WIB salah satu korban bisa mengontak keluarganya,” lanjutnya.

Pihak keluarga kemudin melaporkan kondisi itu dan meminta bantuan untuk dilakukan pencarian.

Relawan pun kemudian melakukan penelusuran di sekitar puncak. Tiga tim dikerahkan untuk mencari tiga pendaki tersebut.

Hingga pada akhirnya ditemukan di antara Puncak Argopiloso dan Puncak Argojembangan pukul 21.30 WIB. Proses evakuasi sendiri terhambat karena jalur pendakian yang sangat terjal.

“Pendaki tersesat sekitar tujuh kilometer dari jalur pendakian, setelah ditemukan langsung dibawa turun,” jelasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...