Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Tercebur Sumur Sedalam 15 Meter, Warga Bandengan Jepara Selamat

MURIANEWS, Jepara – Seorang warga Desa Bandengan, Kabupaten Jepara bernama Muhammad Saiful Rohim, (30), dilaporkan tercebur ke dalam sumur sedalam 15 meter, Kamis (10/9/2020) pagi. Kejadian ini sempat menimbulkan kepanikan pihak keluarga korban dan warga sekitar.

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kusmiyanto mengatakan, kejadian nahas tersebut terjadi sekitar pukul 06.00 WIB.

Berdasarkan keterangan yang berhasil dihimpun BPBD Jepara, kejadian ini diketahui pertama kali saat Sugianto hendak menyalakan pompa air sumur. Namun saat melihat tutup sumur milik keluarganya dalam keadaan terbuka, Sugianto merasa curiga ada yang tidak beres.

Pihaknya langsung kuatir terhadap keberadaan adiknya, yang disebutkan selama 10 tahun terakhir mengalami gangguan kejiwaan.

“Jadi begitu mengetahui tutup sumur terbuka, saksi langsung berusaha mencari keberadaan adiknya itu. Selanjutnya setelah mengecek ke dalam sumur, saksi mengaku mendengar suara orang bernafas dari dalam sumur. Kejadian ini kemudian disampaikan ke pihak-pihak terkait, termasuk kami di BPBD Jepara,” ujar Kusmiyanto, Kamis (10/9/2020).

BPBD Jepara yang mendapatkan informasi dari Babinsa setempat, langsung mengkoordinasikan upaya penyelamatan. Selanjutnya BPBD Jepara menugaskan satu unit Search Rescue Unit (SRU) Team Reaksi Cepat (TRC) BPBD untuk melakukan upaya evakuasi dan penyelamatan.

Bersama sejumlah pihak, pada pukul 07.30 WIB korban berhasil dievakuasi dari sumur. Hanya, ia mengakui petugas sempat mengalami kendala lantaran kedalaman yang mencapai 15 meter dan berdiameter satu meter.

Meski begitu, korban berhasil dievakuasi dengan kondisi selamat. Upaya pertolongan, selanjutnya berlanjut dengan dibawanya korban ke RSUD RA Kartini Jepara untuk dilakukan penanganan lebih lanjut.

“Jadi seperti itu kejadiannya. Mengenai bagaimana korban sampai terjatuh, masih belum diketahui penyebab pastinya. Namun dari pihak keluarga menyebutkan, korban telah mengidap penyakit kejiwaan kurang lebih 10 tahun,” tambah Kusmiyanto.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...