Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Kaya Manfaat, Usaha Susu Kambing di Kudus Cukup Menjanjikan

MURIANEWS, Kudus – Susu kambing dipercaya mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Namun saat ini di Kudus masih sedikit peternak yang memanfaatkannya untuk ladang bisnis.

Padahal selama pandemi corona di mana banyak sektor usaha terdampak, bisnis susu kambing ini menjadi salah satu yang bertahan. Apalagi susu kambing juga diyakini bisa meningkatkan imunitas, sehingga banyak yang memburunya.

Selain itu, susu kambing etawa juga dipercaya baik untuk kesehatan jantung dan diabetes.

Salah seorang peternak sekaligus penjual susu kambing Ngasirun asal Dukuh Gerung, Desa Kaliwungu, Kecamatan Kaliwungu Kudus mengatakan dimasa pandemi seperti ini penjulan susu kambing miliknya cukup stabil. Tiap harinya bisa menjual lima hingga tujuh liter susu.

“Pandemi ini kadang bisa sepuluh liter, tapi itu jarang, seringnya tujuh liter. Per liternya saya jual Rp 50 ribu, itu susu segar, saya sendiri tidak pernah menyimpanya di dalam kulkas, karena konsumen juga lebih suka yang baru diperas,” katanya saat ditemui awak media, Rabu (9/9/2020).

Susu kambing diyakini mempunyai banyak kesehatan, dan meningkatkan imunitas. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

Ia sendiri beternak kambing sudah selama sembilan tahun. Saat itu ia punya satu ekor kambing etawa betina dan empat pejantan.

“Setelah tahu jika susu kambing punya banyak manfaat langsung konsultasi sama dinas dan teman ternak, dengan tujuan bisa membantu tetangga yang sakit jantung, diabetes, flek hingga lambung. Waktu itu belum ada BPJS kalau ke rumah sakit membutuhkan dana besar,” jelasnya.

Terpisah, Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian Kudus Agus Setiawan menyatakan juka susu kambing memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Namun menurutnya di Kudus sendiri belum begitu banyak peternak susu kambing.

“Selain di Desa Kaliwungu, di daerah Jekulo itu ada di Desa Honggosoco dan ada juga di beberapa daerah lain, tapi memang belum banyak,” ucapnya.

Ia pun mendorong agar masyarakat khususnya para peternak kambing tidak hanya memanfaatkan dagingnya saja, terlebih masih ada susu kambing yang mempunyai banyak manfaat.

”Apalagi Informasi yang diberikan dari Undip susu bisa dibuat kefir yang bisa meningkatkan imunitas dan bernilai jual tinggi,” imbuhnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...