Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Cari Batu di Kawasan Hutan, Warga Nglinduk Grobogan Justru Temukan Arca Kuno

MURIANEWS, Grobogan – Warga Desa Nglinduk, Kecamatan Gabus digegerkan dengan penemuan arca kuno dari bahan batu, Rabu (9/9/2020). Arca tersebut ditemukan warga saat mencari batu di sekitar kawasan hutan di wilayah Dusun Segoro Gunung, Desa Nglinduk.

Kepala Dusun Segoro Gunung Susilo saat dimintai komentarnya membenarkan adanya penemuan arca dari bahan batu putih tersebut.

Menurutnya, benda tersebut ditemukan warga yang saat itu hendak mencari batu untuk fondasi rumah. “Iya, tadi pagi ditemukannya arca dari batu tersebut,” katanya.

Dijelaskan, saat mencari batu buat fondasi, warga melihat ada bongkahan batu yang warnanya agak aneh, tidak seperti batu lainnya. Saat diperiksa, ternyata batu itu merupakan potongan bagian sebuah arca. “Selanjutnya, penemuan ini dilaporkan pada saya,” ujarnya.

Mendapat laporan itu, Susilo bersama sejumlah warga kemudian melakukan penggalian dengan hati-hati di sekitar lokasi ditemukannya arca tersebut.

Dari hasil penggalian itu totalnya ditemukan enam potongan bagian arca dengan ukuran tinggi 60-100 sentimeter dengan bagian paling lebar mencapai 30 sentimeter.

“Sejauh ini sudah ada enam bagian yang ditemukan tetapi untuk bagian leher hingga kepala arca belum ketemu. Jadi, bentuk arcanya belum lengkap. Kayaknya, ini arca dewa yang berdiri di atas seekor sapi. Jadi di bawah kaki arca itu terlihat seperti ada patung sapinya,” terangnya.

Susilo menambahkan, pihaknya sudah mengabarkan penemuan arca itu pada kepala desanya serta Kepala Desa Banjarejo, Kecamatan Gabus Ahmad Taufik yang lebih paham tentang benda purbakala dan cagar budaya.

“Sudah saya koordinasikan perihal penemuan arca dari batu ini. Untuk sementara, arca ini saya amankan dulu,” imbuhnya.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...