Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Kekeringan Landa Jepara, BPBD Droping Ribuan Liter Air Bersih

MURIANEWS, Jepara – Bencana kekeringan mulai melanda Kabupaten Jepara. Hal ini diketahui dari droping air bersih yang dilakukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Kepala Pelaksana BPBD Jepara Kusmiyanto mengatakan, pihaknya mulai melakukan droping air bersih sebanyak 5.000 liter ke Desa Plajan, Pakis Aji. Secara keseluruhan di desa ini ada sekitar 353 jiwa yang terdampak krisis air bersih.

Ke-353 jiwa tersebut berasal dari tiga RT. Yakni RT 25 RW 04 sebanyak 40 KK dengan 101 jiwa, RT 26 RW 04 sebanyak 50 KK dengan 120 jiwa dan RT 27 RW 04 sebanyak 55 KK dengan 132 jiwa.

“Kami mulai sampaikan bantuan air bersih ke Desa Plajan Pakis Aji pada hari ini. Kebetulan desa ini sudah menyampaikan secara resmi untuk bisa mendapatkan bantuab air bersih,” ujar Kusmiyanto, Rabu (9/9/2020).

Dalam droping kali ini, lanjutnya, BPBD menyalurkan bantuan air bersih sebanyak 5.000 liter. Bantuan ini merupakan alokasi yang ada di APBD Jepara. Diperkirakan luasan kekeringan akan bertambah di beberapa wilayah Jepara. Hanya, ia berharap kekeringan tahun ini tak akan separah tahun-tahun sebelumnya.

Hal ini lantaran, penanganan bencana kekeringan selama ini mengandalkan dana anggaran dari APBD Jepara. Namun berdasarkan pengalaman selama ini, anggaran yang disediakan tidak mencukupi untuk kebutuhan droping air bersih.

“Memang untuk dana yang ada dari APBD jumlahnya terbatas. Dari pengalaman yang sudah, nanti akan kami upayakan dari pihak-pihak lain. Kami akan berusaha menggalang bantuan untuk penyediaan bantuan air bersih ini,” tambah Kusmiyanto.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...