Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Permudah PJJ Online, LP Ma’arif NU Kudus Luncurkan Aplikasi Ammanu

MURIANEWS, Kudus – Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif NU Kabupaten Kudus meluncurkan aplikasi pembelajaran online berbasis Android, Rabu (9/8/2020). Aplikasi itu diberi nama Aplikasi Madrasah Ma’arif NU (Ammanu) itu untuk mendukung proses pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Ketua LP Ma’arif Kudus Ridlwan mengatakan, aplikasi tersebut sebagai wadah pembelajaran online siswa. Menurutnya aplikasi tersebut akan lebih mempermudahs iswa dalam melakukan pembelajaran online di masa pandemi seperti ini.

“Aplikasi ini untuk madrasah dan juga sekolah yang ada di bawah naungan LP Ma’arif NU Kudus. Hari ini akan langsung dilakukan pelatihan admin dari masing-masing madrasah dan sekolahan yang ada di Kudus,” katanya.

Rincianya, madrasah  ataupun sekolah yang berada di bawah naungan LP Ma’arif NU Kudus saat ini ada 125 MI/SD, 43 MTs/SMP, dan 36 MA/SMA/ataupun SMK. Jumlah siswa dari seluruh sekolah itu mencapai 35 ribu lebih.

Sementara, developer program Fathun Naim menjelaskan aplikasi tersebut terdapat berbagai menu. Antara lain, profil siswa, kehadiran, tugas dan ujian, hasil, guru, perkembangan, liburan, berita kegiatan dan catatan.

“Di dalamnya nanti juga terdapat link-link yang sifatnya terintegrasi dengan aplikasi pihak ketiga, seperti Zoom. Yang bisa mengakses aplikasi ini hanya siswa yang sudah didaftarkan dari admin pihak madrasah,” terangnya.

Baca: Banyak Orang Tua Kepayahan Dampingi Anak PJJ Online, Kudus Kaji Sekolah Sistem Sif Pagi dan Sore

Menurutnya untuk admin dari sekolahan atau madrasah, nantinya akan mengakses aplikasi melewati website. Untuk sementara saat ini hanya seratus sekolah yang bisa mengakses aplikasi tersebut.

“Yang melalui aplikasi Android hanya siswa, untuk guru dan admin lewat website. Karena keterbatasan server jadi sementara dibatasi seratus sekolahan, dan nanti akan dikembangkan agar semua di LP Ma’arif bisa menggunakan aplikasi itu,” tandasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...