Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Dana Insentif Relawan Pemakaman Jenazah Covid-19 BPBD Kudus Cair

MURIANEWS, Kudus – Dana insentif bagi relawan pemakaman jenazah Covid-19 milik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kudus akhirnya cair. Dana yang dicairkan sebesar Rp 381,920 juta.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Kudus Eko Djumartono mengatakan, dana tersebut sudah ditransfer Selasa (8/9/2020) kemarin.

“Saya tanda tangani Senin (7/9/2020), pencairannya kemarin sudah ditransfer ke bendahara BPBD,” katanya, Rabu (9/9/2020) pagi.

Anggaran dengan jumlah tersebut, kata dia, diasumsikan untuk insentif selama empat bulan. Terhitung sejak bulan Juni lalu hingga September 2020 ini.

“Jika masih kurang bisa dianggarkan lagi. Namun jika sisa, akan kembali ke kas daerah,” jelasnya.

Sementara Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) BPBD Kudus Budi Waluyo membenarkan jika dana insentif untuk relawan pemakaman jenazah Covid-19 sudah cair.

Hanya memang, kata dia, dana tersebut belum dibagikan kepada yang bersangkutan. “Akan kami serahkan langsung nanti, itu memang untuk insentif bulan Juni sampai September ini,” kata dia.

Untuk ke depan, pihaknya akan coba mengusulkan insentif tersebut per bulan.

Dengan adanya insentif ini, pihaknya pun berharap para relawan bisa termotivasi dan bisa menambah semangat serta kekuatan mental dalam menjalankan tugas. Mengingat tanggung jawab yang mereka emban sangat berat.

”Ini bukan gaji, tapi bentuk apresiasi pemerintah atas bakti para relawan,” tandasnya.

Untuk diktahui, nilai insentif bagi para relawan pemakaman jenazah Covid-19 BPBD Kudus adalah sebesar Rp 75 ribu per orang per pemakaman. Jumlah tersebut sesuai dengan standar satuan harga milik Pemkab Kudus yang telah ditetapkan terlebih dahulu.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...