Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Cegah Penyebaran Covid-19, Mahasiswa KKN Upgris Ajari Siswa SD 2 Tegalsambi Jepara Cuci Tangan

MURIANEWS, Jepara – Menjaga kebersihan tubuh menjadi gaya baru disaat pandemi Covid-19. Cuci tangan dengan sabun menjadi salah satu cara yang efektif untuk mengantisipasi penyebaran virus corona.

Hal itu terjadi karena dengan mencuci tangan, bakteri yang ada di tangan tidak masuk ke saluran pencernaan dan pernafasan juga dapat membantu mencegah penyebaran penyakit mulai dari flu biasa hingga infeksi yang lebih serius.

”Di tengah pandemi Covid-19 tidak hanya orang dewasa, tetapi anak-anak juga perlu mengetahui cara cuci tangan yang benar,” kata Novi Rahmawati, Mahasiswa Universitas PGRI Semarang (Upgris) yang sedang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Tegalsambi RT 01 RW 01, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara.

Dengan alasan itu, Novi pun tak segan turun langsung ke lapangan. Sejak Sabtu (5/9/2020) ia mengajari siswa SDN 2 Tegalsambi tentang bagaimana cara mencuci tangan yang benar dengan sabun.

”Mengajari anak-anak tentang cara cuci tangan yang baik dan benar sangatlah penting di masa pandemi Covid-19 ini. Hal ini diharapkan dapat membuat anak menerapkan kebiasaan mencuci tangan untuk tetap menjaga kebersihan tubuh,” ujarnya.

Ia menjelaskan, dalam mengajari cuci tangan ini, ia pun mengacu Kementerian Kesehatan RI. Setidaknya ada enam langkah cuci tangan pakai sabun yang diberikan.

”Pertama membasahi tangan, gosok sabun pada telapak tangan, kemudian usap dan gosok kedua telapak tangan secara lembut dengan arah memutar,” ungkapnya.

Setelah itu, mengusap dan menggosok kedua punggung tangan secara bergantian, termasuk sela-sela jari tangan hingga bersih. Kemudian bersihkan ujung jari secara bergantian dengan posisi saling mengunci.

”Selanjutnya, gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian. Dan terakhir letakkan ujung jari ke telapak tangan kemudian gosok perlahan. Bilas dengan air bersih dan keringkan,” tambahnya.

Ia berharap dengan membiasakan anak untuk menjaga kebersihan dengan cara cuci tangan yang baik dan benar, siswa SD 2 Tegalsambi juga diharapkan untuk rajin berolahraga dan mengkonsumsi makanan bergizi & seimbang agar imun tubuh tetap terjaga.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...