Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Dugaan Kasus Pemerasan Oleh Oknum Wartawan di Jepara, PWI Jateng Minta Hukum Ditegakkan

MURIANEWS, Jepara – Dugaan kasus pemerasan yang dilakukan oleh oknum wartawan di Jepara, mendapatkan tanggapan dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Tengah. Mereka pun meminta polres untuk mengusut tuntas dan menegakkan hukum tanpa pandang bulu.

Ketua Bidang Pembelaan Wartawan PWI Jawa Tengah, Zainal Abidin Petir menjelaskan, secara kelembagaan PWI Jawa Tengah sudah menerima laporan mengenai undangan permintaan keterangan yang dilayangkan pihak Polres Jepara kepada PWI Jepara, terkait kasus ini.

Pihaknya pun memastikan, PWI Jepara sudah melakukan koordinasi dan mendukung tindakan petugas untuk menyikapinya secara kelembagaan.

Baca: Oknum Wartawan Catut Nama Kapolres dan Kasatreskrim Polres Jepara untuk Memeras

Menurutnya, pihaknya sudah menghubungi pihak penyidik dalam kasus ini, dan sudah berkomunikasi terkait kasus ini. Menurut Zaenal, dalam kasus ini PWI Jepara maupun PWI Jawa Tengah, secara langsung tidak terkait dengan kasus yang sedang ditangani oleh Polres Jepara.

“Dalam kasus ini, Ketua PWI Jepara hanya diundang untuk memberikan sejumlah keterangan terkait dengan masalah dunia pers yang ada. Dalam hal ini pihaknya memberikan dukungan penuh pada kerja Polres Jepara dalam menangani kasus ini,” katanya.

“Secara umum kami sudah memahami duduk perkara dari dugaan kasus yang terjadi ini. Dalam hal ini kami tentu menghargai dan sangat mendukung upaya yang dilakukan Polres Jepara. Bahkan kami menilai untuk kebaikan dunia pers, kasus ini bisa dituntaskan oleh Polres Jepara,” tegas Zaenal Abidin Petir, Selasa (8/9/2020).

Baca: Nama Kapolres Dicatut Oknum Wartawan untuk Memeras, Polres Minta Keterangan PWI Jepara

Dalam kasus ini, pihaknya juga menilai, PWI Jawa Tengah tidak perlu menurunkan tim pembelaan wartawan. Selain tidak melibatkan anggota PWI di Jepara, pihaknya juga belum bisa memastikan apakah oknum wartawan yang terlibat benar-benar merupakan pekerja dari lembaga media yang syah sesuai UU atau tidak.

“Tadi sudah ketemu Mas Budi (Ketua PWI Jepara-red). Kami minta dia bisa hadir memenuhi undangan dari Polres Jepara. Nanti biar dijelaskan semuanya. Mudah-mudahan Polres juga mendapatkan keterangan yang bisa membantu dalam penanganan kasus ini,” tambah Zaenal Abidin Petir.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...