Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

KPU Grobogan Sosialisasikan Perpanjangan Pendaftaran Pasangan Cabup dan Cawabup

MURIANEWS, Grobogan – Setelah mengumumkan penundaan tahapan pendaftaran, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Grobogan mengelar sosialisasi perpanjangan pendaftaran pasangan calon bupati (cabup) dan calon wakil bupati (cawabup) Grobogan, Selasa (8/9/2020). Dalam sosialisasi ini, pihak KPU mengundang perwakilan 16 parpol yang ada di Grobogan serta pihak terkait lainnya.

Sosialisasi dipimpin Ketua KPU Grobogan Agung Sutopo didampingi dua komisionernya, Suwiknyo dan M Machruz.

Sosialisasi ini dijadwalkan berlangsung hingga 9 September 2020. Selain tatap muka langsung, sosialisasi juga dilakukan lewat media sosial dan media massa.

Setelah sosialisasi, baru dilanjutkan dengan perpanjangan pendaftaran pasangan calon pada 10-12 September 2020.

Komisioner KPU Grobogan Suwiknyo menyatakan, jika pada saat masa pendaftaran hanya ada satu pasangan calon yang mendaftar maka KPU melakukan penundaan tahapan pencalonan.

Setelah itu, dilanjutkan dengan mengadakan sosialisasi dengan menggandeng partai politik tentang perpanjangan pendaftaran pasangan cabup dan cawabup Grobogan untuk Pilkada 2020.

Suwiknyo berharap, pada masa perpanjangan nanti ada paslon yang mendaftar dan bisa bersama-sama dengan paslon lainnya berkompetisi sebagai peserta dalam Pilkada Grobogan 2020.

Menurutnya, sesuai dengan prinsip demokrasi, kompetisi pemilihan kepala daerah harus ada beberapa pasangan calonnya. Namun, jika nanti pada masa perpanjangan jumlahnya masih tetap satu, maka KPU yang wilayahnya melaksanakan penundaan akan membuat keputusan untuk menetapkan satu paslon.

“Ketika saat masa perpanjangan ini masih tetap jumlahnya dengan masa pendaftaran, maka sesuai dengan regulasi perundang-undangan, KPU kabupaten membuat keputusan untuk menetapkan satu pasangan calon,” jelasnya.

Seperti diberitakan, pasangan calon (paslon) yang mendaftar ke KPU Grobogan adalah Sri Sumarni dan Bambang Pujiyanto (Totok). Keduanya mendaftar ke KPU Grobogan hari Jumat (4/9/2020).

Pasangan Sri-Totok ini didukung oleh semua parpol di Grobogan yang mendapatkan kursi di DPRD. Yakni, PDI Perjuangan, Partai Gerindra, PPP, Hanura, Partai Golkar, Partai Demokrat, Partai Berkarya, PKB, PKS, dan PAN.

Selain itu, pasangan Sri-Totok juga didukung sejumlah partai yang tidak memiliki kursi di DPRD Grobogan. Antara lain, Partai Perindo, PBB, dan Nasdem.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...