Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

City Walk Sunan Kudus Bakal Dihiasi Pohon Tabebuya Empat Warna

MURIANEWS, Kudus – Pelaksanaan pembangunan City Walk Sunan Kudus segera dilakukan. Pre-contruction meeting (PCM) atau rapat sebelum pembangunan pun akan dilakukan Kamis (10/9/2020) pekan ini oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kudus dan pengembang.

Kasi Tata Bangunan Dinas PUPR Kudus Muhammad Riza mengatakan, konsep pembangunannya tak akan jauh dari rencana awal.

Sepanjang  kawasan semi pedestrian tersebut, akan dihias pohon tabebuya dengan empat warna yang berbeda di masing-masing titik. “Ada empat jenis warna, yakni merah, putih, kuning, dan pink,” katanya, Selasa (8/9/2020).

Pohon tabebuya tersebut juga akan dikelompokkan sesuai warnanya di empat titik yang berbeda. Dengan titik pertama di titik awal lokasi city walk, yakni pojok alun-alun.

“Di situ warnanya merah, kemudian ke arah menara ada putih, kuning, yang terakhir pink,” ujarnya.

Sementara untuk nasib sejumlah pohon yang sudah ada di seputaran Jalan Sunan Kudus, atau lokasi city walk, akan coba direlokasi. Mengingat umurnya yang masih tergolong muda. “Kami akan koordinasi dengan Dinas PKPLH untuk ini,” lanjutnya.

Kemudian untuk mendukung suasana pedestrian yang ramah bagi pejalan kaki, Riza mengatakan pihaknya akan menggunakan granit untuk lantainya.

Baca: Pembangunan City Walk Sunan Kudus Segera Dimulai

Pihaknya pun telah menguji coba kekuatannya dengan menggunakan alat berat milik PUPR. “Kalau kegunaannya untuk pejalan kaki dan untuk parkir mobil saya rasa sudah sangat kuat,” jelasnya.

Diketahui, pembangunan city walk Sunan Kudus akan dimulai dari pojok Alun-alun Simpang tujuh hingga jembatan kali gelis. Dengan panjang sekitar 562 meter dengan lebar jalan eksisting rata-rata sekitar 22 meter.

Konsepnya sendiri, City Walk Sunan Kudus akan menjadi tempat yang nyaman dan aman bagi pejalan kaki. Dilengkapi dengan berbagai ornamen yang menjadi simbol budaya khas Kudus, City Walk Sunan Kudus menjajikan spot foto yang kekinian.

Ditambah dengan keberadaan para PKL, yang berjajar di sepanjang Jalan Sunan Kudus pada malam harinya, City Walk Sunan Kudus akan menjadi magnet wisata baru di Kudus.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...