Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pembangunan City Walk Sunan Kudus Segera Dimulai

MURIANEWS, Kudus – Pembangunan City Walk Sunan Kudus segera dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kudus. Pre-Contruction Meeting (PCM) atau rapat sebelum pembangunan pun akan dilakukan Kamis (10/9/2020) pekan ini.

Kasi Tata Bangunan Dinas PUPR Kudus Muhammad Riza mengatakan, kepastian mulainya pembangunan memang baru akan diputuskan setelah rapat digelar. Hanya, penandatanganan kontrak antara pengembang dan dinas sudah dilakukan sebelumnya.

“Untuk penandatanganannya sudah, namun memang kepastian mulainya menunggu PCM dahulu,”  katanya, Senin (7/9/2020).

Riza menyebut, tidak ada perubahan yang signifikan terhadap rancangan desain city walk. Yakni dimulai dari pojok Alun-Alun Simpang Tujuh hingga Jembatan Kali Gelis.

Panjang city walk yang akan dibangun sekitar 562 meter dengan lebar jalan eksisting rata-rata sekitar 22 meter. “Tetap akan dibangun dua ruas, ruas utara dan ruas selatan,” ujarnya.

Untuk hambatan, kata Riza, di beberapa titik pembangun terdapat bangunan yang sedikit menjorok ke jalan. Salah satunya di dekat minimarket Jalan Sunan Kudus.

Walau demikian, pihaknya tidak akan mengepras bangunan tersebut, melainkan menyesuaikan pembangunan pedestriannya.

Riza menyebut, ada sekitar empat titik yang seperti itu. Pembangunannya, kata dia, akan disesuaikan kontur bangunan tersebut.

Hal tersebut dilakukan karena tidak adanya biaya penggantian bangunan. Melainkan hanya ada biaya pembangunan saja. “Kami tidak akan mengepras, pembangunannya akan menyesuaikan,” terangnya.

Sementara untuk material yang akan dipakai, pihaknya akan menggunakan batu granit untuk lantai city walk yang baru. Dengan eksisting yang sama dengan trotoar yang tersedia saat ini.

Untuk sisi utara atau sederet dengan rutan, hanya akan membongkar keramiknya dan membenahi lantainya. Sementara untuk yang selatan ketiggiannya hampir sama dengan utara.

Konsepnya sendiri, lanjut dia, City Walk Sunan Kudus akan menjadi tempat yang nyaman dan aman bagi pejalan kaki. Dilengkapi dengan berbagai ornamen yang menjadi simbol budaya khas Kudus, City Walk Sunan Kudus menjajikan spot foto yang kekinian.

Ditambah dengan keberadaan para PKL, yang berjajar di sepanjang Jalan Sunan Kudus pada malam harinya. Pihakny pun yakin, City Walk Sunan Kudus akan menjadi magnet wisata baru di Kudus. Hingga menarik wisatawan luar daerah.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...