Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Ajukan Banpres, Ratusan Pelaku UMKM Geruduk Kantor Dinkop Pati

MURIANEWS, Pati – Ratusan pelaku Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) mendatangi Dinas Koperasi dan UKM Pati, Senin (7/9/2020). Mereka membawa berkas sebagai bahan pengajuan bantuan presiden (banpres) untuk UMKM sebesar Rp 2,4 juta.

Hanya, sesampainya di depan kantor dinas, mereka sama sekali tidak bisa masuk ke kantor. Para pelaku UMKM ini juga tidak bisa mengumpulkan berkas.

Dinas bersikukuh untuk pengumpulan berkas pengajuan banpres ini, sudah dikoordinasikan melalui desa masing-masing.

Sayangnya, ada pihak desa banyak yang tidak mau menerima berkas pelaku UMKM tersebut.

”Saya sudah ke desa, tapi tidak ditanggapi. Malah berkas disuruh bawa langsung ke Dinkop,” kata Nadya Fitri, salah seorang pelaku UMKM Pati.

Pelaku UMKM Pati berjubel di Pagar Dinkop UKM untuk menyerahkan berkas (MURIANEWS/Cholis Anwar)

”Tapi di sini (kantor Dinkop dan UKM Pati ) juga tidak bisa mengajukan. Ini yang benar sebenarnya bagaimana kami juga tak tahu. Tidak ada sosialisasi juga,” tambahnya.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinkop dan UKM Pati Wahyu Setyawati mengatakan, bantuan ini memang nominalnya cukup banyak, yakni Rp 2,4 juta per UMKM. Tetapi, untuk pengumpulan berkas berada di desa masing-masing.

”Kita sudah koordinasikan dengan Bupati, untuk pengumpulan berkas efektifnya memang di masing-masing desa. Nanti biyar pihak desa yang membawa ke Dinkop,” terangnya.

Terkait membludaknya pengunjung, dia mengaku tidak tahu. Sebab, sebelumnya memang tidak ada sosialisasi. Lantaran sifatnya mendadak.

”Kita tidak sempat sosialisasi. Kita hanya koordinasikan dengan camat untuk selanjutnya membantu pengumpulan berkas permintaan banpres ini,” imbuhnya.

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...