Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Migas Cepu Edupark Diharapkan Jadi Daya Tarik Wisata Baru di Blora, Ini Keistimewaannya

MURIANEWS, Blora – Setelah dipersiapkan cukup lama, tempat wisata yang diberi nama Migas Cepu Edupark diresmikan Bupati Djoko Nugroho bersama Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian ESDM Prahoro Yulijanto Nurtjahyo, Sabtu (5/9/2020).

Hadir pula dalam kesempatan ini, Kepala PPSDM Migas Cepu Wahid Hasyim dan jajaran Kementerian ESDM.

Migas Cepu Edupark atau yang disingkat MC Edupark adalah sebuah pengembangan aset Kementerian ESDM yang dimiliki BPSDM Migas dan dikelola PPSDM Migas Cepu sebagai daya tarik wisata.

Kepala PPSDM Migas Cepu Wahid Hasyim menjelaskan, pihaknya memiliki banyak aset yang keberadaannya belum memberikan manfaat maksimal untuk masyarakat. Hingga akhirnya muncul ide untuk mengembangkannya sebagai daya tarik wisata.

“Kami di Cepu ini punya kawasan berupa lapangan golf, kolam renang dan lapangan atletik, hingga beberapa wisma seperti Wisma Suko. Namun keberadaannya belum bisa memberikan manfaat untuk masyarakat. Oleh sebab itu kami muncul ide untuk mengembangkannya sebagai kawasan wisata edukasi tentang migas,” papar Wahid Hasyim.

Dijelaskan, ada banyak wahana yang dibangun di MC Edupark. Selain kolam renang, ada waterbom, futsal indoor, kolam arus, migas park, mini zoo, museum migas outdoor, serta restoran.

Kemudian, disediakan pula beberapa lapak UMKM untuk warga sekitar.

Pihaknya berharap, keberadaan MC Edupark nantinya bisa memberikan edukasi sejak dini kepada anak-anak Blora dan sekitarnya tentang dunia migas. Biasanya anak TK, SD ada kegiatan pembelajaran di luar kelas atau outing class.

“Kegiatan outing class, seringkali dilaksanakan di luar kota, sehingga membuang uang keluar daerah. Dengan adanya MC Edupark ini setidaknya uang kita akan berputar di dalam daerah sendiri sehingga dapat menumbuhkan ekonomi,” tambah Wahid.

Selain itu, dengan pengembangan MC Edupark ini juga membuka lowongan pekerjaan untuk masyarakat sekitar. Dengan begitu PPSDM Migas Cepu bisa membantu Pemkab dalam menyediakan lapangan pekerjaan.

Sementara itu, Bupati Djoko Nugroho dalam sambutannya mengungkapkan rasa senangnya karena satu lagi terobosan cemerlang dilakukan PPSDM Migas Cepu. Yakni, menyulap kawasan elit yang dulunya hanya untuk kalangan pejabat migas, kini diubah menjadi tempat wisata untuk umum.

“Bagus ini. Dulu tempat ini lokasi favorit tetapi sepi karena hanya dikhususkan untuk para pejabat Kementerian ESDM dan Pertamina. Alhamdulillah, terobosan Pak Wahid ini luar biasa,” ujarnya.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...