Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

IAIN Kudus Gelar Pengenalan Mahasiwa Baru Secara Daring

MURIANEWS, Kudus – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kabupaten Kudus menggelar pengenalan budaya akademik kemahasiswaan (PBAK) secara daring. Kegiatan ini dimulai Sabtu (5/9/2020) hingga Senin (7/9/2020).

Pembukaan PBAK daring tersebut secara resmi ditandai pemukulan gong oleh Plt Bupati Kudus HM Hartopo didampingi oleh Rektor IAIN Kudus Dr H Mundakir beserta jajaran rektorat lain di Aula IAIN Kudus, Sabtu (5/9/2020) sore.

Rektor IAIN Kudus Dr H Mundakir mengatakan sebanyak 3.200 mahasiswa baru IAIN Kudus wajib mengikuti PBAK melalui daring via Zoom. Sebab PBAK sebagai salah satu syarat untuk mengikuti ujian munaqosah.

“Jika tahun ini ada yang belum bisa hadir, wajib mengikuti PBAK di tahun selanjutnya,” katanya.

PBAK sendiri, lanjut Mundakir, yakni tentang pengenalan belajar daring, perpustakaan digital, hingga model perkuliahan di IAIN Kudus yang sebelumnya belum pernah dialami saat mahasiwa baru masih duduk di bangku SMA.

“Kalau di SMA itu pusat pembelajaran adalah guru. Sedangkan di bangku kuliah sumber belajar yakni dosen, di mana dosen memediasi mahasiswa supaya memanfaatkan secara maksimal sumber belajar. Seperti perpustakaan, organisasi, hingga lingkungan,” jelasnya.

Ia pun berharap dengan adanya PBAK ini, mahasiswa baru bisa lebih mengenal dan siap untuk melakukan perkuliahan di IAIN Kudus.

Perlu diketahui jumlah total mahasiswa di IAIN Kudus saat ini ada sekitar 17.000 mahasiswa dari lima fakultas yang terdiri 26 program studi sarjana dan tiga program studi pascasarjana.

Sementara Plt Bupati Kudus HM Hartopo menyatakan, meski PBAK digelar secara daring, kegiatan tersebut tidak mengubah fungsi serta tetap tersampaikan dengan baik kepada mahasiswa baru. Pihaknya juga mengucapkan selamat kepada mahasiswa baru yang sudah diterima di IAIN Kudus.

“IAIN Kudus termasuk kampus negeri berbasis agama yang besar. Semoga pelaksanaan PBAK daring di IAIN Kudus ini bisa berjalan dengan lancar dengan gagasan dan ide baru agar PBAK tetap bisa terlaksana meski ditengah pandemi,” ujarnya.

Reporter : Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...