Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Daftar ke KPU Rembang, Pasangan Harno-Bayu Dikalungi Serban Kiai

MURIANEWS, Rembang – Bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati Rembang Harno-Bayu Andriyanto, Jumat (4/9/2020) mendaftarkan diri ke KPU Rembang untuk bertarung dalam Pilkada Rembang 2020. Pasangan ini menjadi yang pertama mendaftar setelah KPU resmi membuka pendaftaran hari ini.

Keduanya datang ke Kantor KPU dengan berjalan kaki dari rumah Harno di Jalan Pemuda, Desa Kabongan Kidul, Kecamatan Kota, Rembang.

Mereka berjalan kaki sekitar satu kilometer dengan diiringi pendukung yang menabuh rebana dan mengumandangkan selawat.

Sesampainya di depan Kantor KPU Rembang, pasangan ini dihentikan oleh sejumlah kiai. Mereka mengalungkan serban warna hijau ke pasangan ini.

Juru bicara pasangan Harno-Bayu, Dumadiyono mengatakan jika aksi ini tak terduga. Pihaknya pun bersyukur karena ada ulama yang mendukung pasangan ini.

”Tiba-tiba ada kiai yang nyegat dan ngasih serban. Kami bersyukur ada sosok ulama,” katanya kepada wartawan.

Ada ratusan pendukung yang menyertai pendaftaran pasangan ini. Termasuk para pimpinan partai politik yang mengusung.

Pasangan Harno-Bayu menunjukkan berkas pendaftaran sebagai calon bupati dan wakil bupati di KPU Rembang. (MURIANEWS/Istimewa)

Diketahui pasangan ini didukung oleh gabungan sejumlah  partai politik. Yakni Nasdem, Demokrat, Gerindra, Hanura dan PKS. Gabungan dari parpol-parpol ini mempunyai 19 kursi di DPRD Rembang. Selain lima parpol ini, PAN juga dikabarkan ikut mendukung.

Harno juga memastikan jika PAN akan mendukung mereka dalam pilkada yang akan berlangsung pada Desember 2020 mendatang tersebut.

Meski ada ratusan orang yang mengiringi kedatangan pasangan ini, namun yang diperbolehkan masuk ke Kantor KPU Rembang hanya 30 orang saja, karena protokol Covid-19.

Baca: Kompak Berbatik Hafidz-Hanies Daftar ke KPU Rembang, Deklarasi Dilakukan Virtual

Para pimpinan parpol pengusung langsung menyerahkan berkas administrasi untuk pendaftaran.

Sementara Ketua KPU Rembang M Ika Iqbal Fahmi menyatakan, berkas pendaftaran sudah diterima dan dinyatakan lengkap. Setelah proses ini pihaknya akan melakukan penelitian terhadap berkas-berkas tersebut.

Selain pasangan Harno-Bayu, bupati petahana Abdul Hafidz yang berpasangan dengan M Hanies Cholil Barro’ juga akan mendaftar di KPU pada hari ini.

Pasangan ini diusung oleh koalisi empat parpol yakni PPP, PKB, PDI Perjuangan dan Golkar dengan modal 25 kursi di DPRD. Pasangan ini direncanakan juga akan jalan kaki dari gedung haji menuju Kantor KPU Rembang.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...