Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Soal Pengisian Jabatan Wabup, Bupati Jepara Masih Belum Sampaikan Surat ke DPRD

MURIANEWS, Jepara – Pengisian posisi Jabatan Wakil Bupati Jepara yang saat ini kosong, masih terus menjadi perbincangan hangat di Kota Ukir. Isu ini masih berhembus, kendati belum ada perkembangan signifikan.

Apalagi hingga Kamis (3/9/2020) siang, Bupati Jepara Dian Kristiandi ternyata masih belum menyampaikan surat terkait pengajuan pengisian jabatan ini ke DPRD Jepara.

Sekretaris DPRD Jepara, Trisno Santoso, saat dikonfirmasi mengenai hal ini menyatakan hingga saat ini pihaknya belum menerima surat tersebut. Padahal, surat permohonan ini menjadi salah satu syarat awal proses pengisian jabatan wabup.

“Sampai hari ini jam 14.00 WIB, kami belum menerima surat dari Bupati Jepara perihal pengisian jabatan wakil bupati. Jadi belum ada surat masuk ke Sekretariat DPRD Jepara terkait masalah ini,” ujar Trisno Santoso, Kamis (3/9/2020).

Sementara itu, Junarso, Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Jepara, secara terpisah menyatakan pihaknya masih terus berkoordinasi dengan DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah dan DPP PDI Perjuangan. Jika sudah ada petunjuk atau instruksi, DPC PDI Perjuangan Jepara tentu saja akan melaksanakannya.

Namun, Junarso menegaskan, di internal PDI Perjuangan masalah ini sudah diproses. Pihaknya yakin masalah ini akan segera ada perkembangan yang jelas.

“Jadi kami juga masih menunggu instruksi dari partai. Rencananya pengajuan pengisian wakil bupati akan dilaksanakan oleh bupati bersama-sama dengan rekomendasi dari partai. Soal ini mari kita sama-sama menunggu perkembangan lebih lanjut,” ujar Junarso.

Sesuai dengan aturan yang ada, pengajuan pengisian jabatan wakil Bupati Jepara akan disampaikan ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jepara, oleh Bupati Jepara.

Komunikasi antara partai pengusung dan bupati akan mengerucut pada dua nama, yang selanjutnya disampaikan ke DPRD Jepara. Selanjutnya DPRD Jepara akan memilih satu dari dua orang yang muncul.

Posisi Wakil Bupati Jepara sendiri sudah kurang lebih tiga bulan kosong, setelah Dian Kristiandi secara definitive menjabat sebagai Bupati Jepara menggantikan Ahmad Marzuki.

Pasangan Ahmad Marzuki-Dian Kristiandi sebelumnya maju di Pilkada 2018 diusung oleh PDI Perjuangan. Karena merupakan partai pengusung tunggal, sesuai dengan aturan, maka PDI Perjuangan dipersilahkan untuk mengisi kekosongan jabatan tersebut.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...