Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Dispertan Klaim Hasil Pertanian di Pati Tak Terpengaruh Pandemi

MURIANEWS, Pati – Pandemi yang berlangsung cukup lama, ternyata menjadi momentum bagi Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertan) Kabupaten Pati untuk memperkuat sektor pertanian. Bahkan, diakui hingga saat ini hasil pertanian di Pati tidak terdampak pandemi.

Hal itu diakui oleh Kepala Dispertan Pati Muhtar Efendi, Kamis (3/9/2020). Dia mengatakan, hingga saat ini hasil pertanian justru mengalami peningkatan. Sebab, pada awal pandemi, petani memang berada pada masa tanam.

Kemudian pada September ini, sebagian petani sudah mulai panen. Sehingga, pasokan pangan di Pati masih cukul melimpah. Ditambah masih ada padi yang belum di panen.

“Secara umum memang tidak terdampak pandemi. Petani seperti biasa masih menjalankan aktivitasnya,” kata Muhtar.

Lebih lanjut, untuk luas panen sendiri, diakui masih berkisar pada angka 103.574 hektare. Luas tersebut terbagi dalam dua lahan, yakni lahan sawah dan ladang. Dari total itu, setidaknya total panen mencapai 644.030 ton.

“Prediksi untuk panen masa tanam ketiga ini kami yakin akan lebih banyak. Karena aktivitas petani selama pandemi ini justru banyak yang berada di persawahan. Itu masih ditopang dengan produksi palawija yang lain,” imbuhnya.

Dia mengaku, selama pandemi ini memang sektor pertanian lebih dikuatkan. Apabila nanti pandemi sudah berakhir, sektir pertanian ini justru akan mampu menopang pangan warga.

“Karena itu, kami siapkan pangan masa depan. Sehingga setelah pandemi berakhir, baik sektor pangan maupun pertanian tetap berjalan normal,” tutupnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...