Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

KONI Jepara Targetkan Lima Besar di Porprov Jateng

MURIANEWS, Jepara – Kepengurusan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Jepara yang baru di bawah Samsul Anwar, mencanangkan target untuk bisa masuk dalam lima besar di Porprov Jawa Tengah, mendatang.

Hal ini disampaikan oleh Ketua KONI Jepara, saat melakukan audiensi dengan Bupati Jepara, Dian Kristiandi. Kepengurusan KONI Jepara 2020-2024 sendiri, baru saja terbentuk setelah dilakukan Musorkab pada pertengahan Agustus lalu.

Samsul menyatakan, target lima besar menurutnya merupakan target realistis bagi dunia olahraga di Jepara. Meskipun sudah pasti memerlukan kerja keras untuk mewujudkannya, namun target itu bukanlah sesuatu yang tidak mungkin bisa diwujudkan.

Prestasi olahraga Jepara di arena Porprov Jawa Tengah, dari waktu ke waktu terus meningkat. Dan bagi kepengurusannya, peningkatan prestasi ini juga menjadi keharusan yang harus diperjuangkan.

“Dalam tiga kali pelaksanaan Porprov prestasi Jepara terus meningkat. Dari yang semula di posisi 24 meningkat menjadi 14, lalu pada Porprov terakhir lalu berada di posisi 10 besar. Karena itu target masuk lima besar untuk Porpov 2022 nanti adalalah sesuatu yang lumrah. Meski berat dan butuh kerja keras, kami tetap optimis,” ujar Samsul Anwar, Rabu (2/9/2020).

Menurut Samsul, dari sisi potensi, sebenarnya Jepara tidaklah kalah dengan daerah lain. Sejauh ini, untuk Jawa Tengah daerah yang mendominasi adalah Semarang, Solo, Banyumas dan Kudus. Namun demikian, mereka ini merupakan kontingen-kontingen dengan jumlah terbesar di dalam Porprov Jawa Tengah.

Jepara sendiri, selama kiprahnya mengikuti Porprov Jawa Tengah, kekuatan kontingennya hanya berada di kisaran 30 persen dari jumlah kontingen daerah-daerah yang mendominasi tersebut.

Sehingga pihaknya menyatakan, ada potensi dan peluang yang masih bisa diharapkan bisa dikembangkan untuk membawa prestasi Jepara ke arah yang lebih baik, yakni meraih posisi 5 besar.

“Dengan hanya memiliki 30 persen dari jumlah kontingen daerah-daerah kuat itu, Jepara bisa meraih posisi 10 besar di Porprov terakhir. Jadi kalau potensi yang ada di kembangkan, dan bisa mengirimkan jumlah atlet mendekati mereka, maka peluangnya juga akan terbuka,” tambah Samsul Anwar.

Sementara itu, Bupati Jepara Dian Kristiandi menyatakan pihaknya akan memberi dukungan penuh kepada KONI Jepara. Peningkatan prestasi olahraga di Jepara menurutnya harus dilakukan dengan totalitas dan profesionalitas para pembina olahraga yang ada. Potensi olahraga di Jepara harus didorong untuk bisa memberi prestasi dan kamsyuran nama Jepara.

“Kalau daerah lain bisa, maka Jepara juga harus bisa. Kabupaten sekitar Jepara yang jumlah APBDnya relatif sama bisa menunjukan prestasi bagus. Maka Jepara juga harus bisa mewujudkannya. Itu kalau memang masalah anggaran yang dikeluhkan. Tapi tentu saja harus jelas bagaimana plan rencananya,” tambahnya.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...