Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Diburu Peziarah Sunan Muria, Ini Sederet Khasiat Buah Parijoto

MURIANEWS, Kudus – Di Pegunungan Muria, Kabupaten Kudus tumbuh sebuah tanaman yang berbuah dan disebut parijoto. Buah ini, sudah banyak dikenal masyarakat luas dan dipercaya mempunyai banyak khasiat jika mengonsumsinya.

Mulai dari meningkatkan kesuburan kandungan pada perempuan, hingga membuat fisik sang bayi jadi rupawan dan cantik. Buah ini biasa menjadi buruan para peziarah Sunan Muria.

Di area menuju Makam Sunan Muria yang berada di Desa Colo, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus terdapat banyak pedagang yang menjajakan buah parijoto di tepi jalan.

Salah satunya yakni Sukana (50) yang mengaku sudah puluhan tahun berjualan buah parijoto di dekat anak tangga menuju makam Sunan Muria. Bahkan menurutnya ada pembeli dari Surabaya yang sengaja datang ke Muria hanya untuk membeli buah ini.

“Katanya waktu dulu beli sudah menikah 10 tahun belum dikaruniai anak, terus ikhtiar ke sini beli buah parijoto. Selain itu banyak juga yang lain dari luar kota, setelah ziarah ke Sunan Muria biasanya beli untuk dibawa pulang,” katanya, Rabu (2/9/2020).

Menurutnya buah parijoto biasanya juga banyak dibuat rujak dengan dicampur dengan buah delima dan jeruk yang digunakan untuk pelengkap nasi syukuran saat usia kandungan tujuh bulan.

“Pas mitoni (syukuran usia kandungan tujuh bulan) itu rujaknya ya ada buah parijotonya. Kalau untuk dikonsumsi sendiri ada yang dibuat rujak ada juga yang di makan langsung, tapi sekarang parojoto ada sirupnya jadi yang tidak suka bisa beli sirup parijoto,” ujarnya.

Senada juga dikatakan Masanah (80) yang sudah puluhan tahun menjajakkan buah parijoto di tepi jalan arah menuju Makam Sunan Muria. Bahkan pembelinya bukan hanya warga Kudus saja, ada dari Semarang, Jawa Timur hingga Jakarta.

“Buah parijoto itu dipercaya bisa buat bayi yang lahir kalau laki-laki ganteng, kalau perempuan cantik, selain itu juga bisa menyuburkan kandungan. Kalau pas lagi musim seperti ini satu dompol ( satu tangkai) saya jual harga Rp 10 ribu tapi pas gak musim jualnya ya Rp 25 ribu,” tandasnya.

Selain baik untuk ibu hamil, buah parijoto ini juga diyakini baik untuk penderita kolesterol, menurunkan risiko penyakit jantung, obat diare, dan sariawan.

 

Reporter : Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...