Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Tak Perlu Fingerprint, Absensi ASN Grobogan Pakai Aplikasi di Android

MURIANEWS, Grobogan – Para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemkab Grobogan kini melaksanakan absensi menggunakan aplikasi berbasis Android yang bisa diakses dengan HP. Kebijakan ini dilakukan sebagai salah satu upaya mengantisipasi penyebaran virus corona atau Covid-19.

Kepala Diskominfo Grobogan Wiku Handoyo mengungkapkan, sebelumnya, absensi dilakukan menggunakan fingerprint atau sidik jari.

Setelah ada pandemi, pelaksanaan absensi untuk sementara dilakukan secara manual dan selanjutnya baru diinput masing-masing OPD ke dalam aplikasi.

Bersamaan dengan kebijakan ini, pihaknya menyiapkan sebuah aplikasi berbasis Android saat sudah jadi awal Agustus 2020 lalu. Setelah itu, aplikasi ini mulai diuji cobakan untuk absensi para ASN di semua OPD mulai pekan terakhir Agustus lalu.

“Dengan aplikasi ini, para pegawai, termasuk honorer maupun tenaga harian lepas (THL) dapat melakukan absensi dengan mudah. Caranya dengan mengirimkan foto diri tetapi posisi pengambilan fotonya harus berada di lingkungan kantor masing-masing,” jelas Wiku, Rabu (2/9/2020).

Uji coba absensi menggunakan aplikasi ini dilakukan hingga akhir tahun 2020. Dalam masa uji coba ini, pihaknya juga akan melakukan penyempurnaan aplikasi jika terdapat kendala yang muncul.

“Sejauh ini kendalanya adalah masih terdapat pegawai, khususnya THL atau honorer yang tidak punya smartphone. Mereka ini usianya sudah di atas 50 tahun dan punyanya HP model lama,” sambungnya.

Wiku menambahkan, kebijakan mengubah sistem absensi dilakukan untuk mencegah penularan Covid-19. Dengan penggunaan absensi berbasis Android ini tidak terjadi penumpukan banyak orang pada satu titik dan memberikan efisiensi.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...