Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Salin Luwur dan Haul Sunan Muria Besok Digelar Tertutup, Nasi Pincuk Dibagikan Door to Door

MURIANEWS, Kudus –Yayasan Masjid dan Makam Sunan Muria akan menggelar salin luwur dan haul Sunan Muria pada Kamis (3/8/2020) besok. Tak seperti tahun-tahun sebelumnya, salin luwur kali ini akan digelar secara terbatas.

Hal tersebut dilakukan guna mengurangi kerumunan massa dan mencegah penyebaran virus Covid-19. Serangkaian sudah dimulai semenjak awal tahun 1 Muharram 1442 kemarin.

Ketua Panitia Salin Luwur dan Haul Kanjeng Sunan Muria Muhdi mengakui jika digelar secara khusus dan tertutup. Hanya para pengurus makam, dan beberapa tamu undangan yang akan hadir di puncak acara salin luwur itu.

“Yang hadir hanya pengurus, karyawan Yayasan Masjid dan Makam Sunan Muria serta tamu undangan untuk kepala desa setempat. Kalau tahun kemarin kiai dan pengurus makam sejawa juga kami undang,” katanya saat ditemui di area Makam Sunan Muria, Rabu (2/9/2020).

Serangkaian acara telah mulai sejak 1 Muharam lalu, mulai doa akhir dan awal tahun, setalah itu tanggal 3 Muharam membuat kain luwur baru. Kemudian malam tanggal 10 Muharam istigasah Asyuro dan santunan anak yatim.

“Nanti malam ada khotmil Quran khusus untuk pengurus, karyawan dan jamiyah Makam Sunan Muria. Jadi tidak mengundang dari luar. Besok pagi acara utama salin luwur yang digelar secara khusus dan tertutup,” ujarnya.

Selain itu, pembagian tonjokan (nasi pincuk) juga dibagikan langsung dari rumah ke rumah atau door to door. Sehingga tidak ada antrean atau kerumunan untuk mendapatkan nasi pincuk ini.

Menurutnya untuk pembagian nasi secara umum memang tidak diagendakan.  Di tahun lalu, saat puncak acara salin luwur dan haul Kanjeng Sunan Muria, bisa mengundang sekitar 600 tamu undangan.

Tapi, karena ini masa pandemi hanya puluhan orang yang dihadirkan dalam puncak acara 15 Muharam besok.

“Mudah-mudahan pandemi ini segera selesai, agar para tamu yang biasanya mengikuti salin luwur dan menginginkan nasi pincuk dari Haul Sunan Muria bisa hadir,” tandasnya

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...