Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Nama Pelanggar Protokol Kesehatan di Kudus Dicatat Satpol PP, Denda Dimulai Pekan Ini

MURIANEWS, Kudus –  Nama-nama pelanggar protokol kesehatan yang terjaring dalam razia masker maupun patroli gabungan, Selasa (1/9/2020) kemarin dicatat Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dalam berita acara.

Jika nantinya nama tersebut kembali terjaring melakukan pelanggaran protokol kesehatan, maka akan dikenai denda ataupun sanksi sosial.

Kepala Satpol PP Kudus Djati Solechah mengatakan, dalam razia kemarin pelanggar memang baru sekadar diberikan pembinaan dan teguran secara lisan maupun tertulis. Meski demikian, identitas para pelanggar tetap dicatat termasuk jenis pelanggarannya.

“Pelanggaran yang ditemukan kemarin, ada yang tidak membawa masker sama sekali hingga membawa masker namun memakainya tidak benar,”kata Djati Rabu (2/9/22020).

Jika dilihat dari razia pertama, Djati mengatakan banyak masyarakat yang masih abai dengan protokol kesehatan. Walau telah tahu adanya aturan beserta sanksi yang tegas.

“Di hari pertama saja ada 176 pelanggar, sedangkan tempat usaha sebanyak 17 tempat usaha yang kami beri teguran tertulis,” rinci Djati.

Pihaknya pun kembali mengingatkan untuk mematuhi protokol kesehatan. Terutama memakai masker saat berada di luar rumah. Karena pekan ini, pihaknya akan tegas menerapkan denda dan sanksi pada pelanggar protokol kesehatan.

Tim patrroli terpadu pun akan terus melakukan pengawasan dan patroli di seputaran Kudus. “Dengan melibatkan sejumlah pihak, yakni Satpol PP, Polres, Kodim, Dishub dan Dinkes Kudus,” tambah Djati.

Sementara pemberian rompi untuk pelanggar protokol kesehatan, kata dia, sudah disiapkan 50 rompi. Para pelanggar yang mendapatkan sanksi sosial tersebut akan memakai rompi tersebut sembari membersihkan tempat publik.

“Sudah siap, alat-alat kebersihannya juga akan kami siapkan sesegera mungkin,” jelas Djati.

Baca: Hari Pertama Diterapkan Sanksi, 46 Pengendara Tak Bermasker di Kudus Kena Razia

Diketahui, Pemkab Kudus menerapkan Peraturan Bupati (Perbup) Kudus Nomor 41 Tahun 2020. Yakni tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan.

Dengan sanksi administratif bagi pelanggar protokol kesehatan di Kota Kretek. Yakni dengan menjatuhkan denda membayar uang tunai. Besaran denda berbeda untuk tiap kategori, mulai dari pelanggar masyarakat umum maupun tempat usaha.

Bagi pelanggar perorangan, denda administratif tak patuh protokol kesehatannya sebesar Rp 50 ribu. Sementara untuk pelaku usaha mikro yang tak menerapkan protokol kesehatan di tempat berjualannya didenda sebesar Rp 200 ribu.

Kemudian untuk pelaku usaha kecil yang melanggar protokol kesehatan akan didenda sebesar Rp 400 ribu. Sementara usaha menengah Rp 1 juta dan yang paling tinggi usaha besar Rp 5 juta.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...