Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Hari Pertama Diterapkan Sanksi, 46 Pengendara Tak Bermasker di Kudus Kena Razia

MURIANEWS,Kudus – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus mulai Selasa (1/9/2020) hari ini memberlakukan sanksi pelanggaran protokol kesehatan sesuai Perbup Nomor 41 Tahun 2020. Di hari pertama pemberlakukan, ada 46 pengendara terjaring razia karena kedapatan tak memakai masker.

Puluhan pengendara ini terjaring razia di kawasan Alun-Alun Kudus. Para pelanggar ini diberhentikan petugas, didata dan diberi sanski tertulis di depan Posko Penegakan Hukum yang berada di depan Pendapa Kabupaten Kudus.

Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Satpol PP Kudus  Moh Tarom mengatakan, pada pekan ini akan melakukan sanski administrasi secara tertulis bagi setiap pelanggar yang tidak menggunakan masker.

Sedangkan untuk sanksi sosial dan sanksi denda akan mulai diberlakukan kepada masyarakat mulai pekan depan. Denda yang diterapkan bervariasi mulai dari Rp 50 ribu untuk personal sampai Rp 5 juta untuk usaha skala besar.

“Pekan ini hanya sanksi tertulis, tapi pekan depan mulai diterapkan sanksi sosial dan denda. Untuk usaha, jika sanksi tersebut tidak bikin jera, izinnya juga bisa dicabut,” katanya.

Baca: Denda Pelanggar Protokol Kesehatan di Kudus Mulai Rp 50 Ribu Hingga Rp 5 Juta

Ia mengaku, dari ke 46 pengendara yang terjaring razia kebanyakan mereka tidak membawa masker, dan tidak memakai masker dengan benar.

“Ada yang tidak membawa, ada yang memakai tapi ditaruh di dagu. Ada juga yang membawa tapi tidak dipakai,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Satpol PP Kudus Djati Solechah menyatakan, hari ini pihaknya memang mulai menerapkan penegakan hukum disiplin protokol kesehatan.

“Setiap harinya ada tim yang bertugas dan dibagi tigas sif. Kami juga libatkan instansi lain, seperti TNI, Polri, Dinas Perhubungan, dan Dinas Kesehatan,” jelasnya.

Dengan adanya penegakkan hukum ini diharapkan kesadaran masyarakat tentang protokol kesehatan lebih meningkat.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...